logo
Hobi | Detail

Pengertian dan Sejarah Lari Jarak Jauh

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 05 Agustus 2022, 02:29 WIB
Pengertian dan Sejarah Lari Jarak Jauh
Agus Prayogo, pelari Jarak Jauh asal Jawa Barat.

JAKARTA-Pengertian dan sejarah lari jarak jauh menarik untuk dikupas kali ini. Lari merupakan olahraga terpopuler di dunia dalam beberapa tahun terakhir ini. Olahraga lari ini cukup simple dan sederhana. Pelari hanya membutuhkan sepatu, baju olahraga dan rute yang sesuai untuk berlari. 

Dalam dunia lari terbagi menjadi beberapa kategori jarak yakni pendek, menengah dan jauh. Bagi pelari jarak jauh dibutuhkan stamina, daya tahan tubuh dan kecepatan yang baik dalam berlari. 

Namun bagaimanakah dengan pengertian dan sejarah lari jarak jauh itu sendiri? Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkapnya;

Agus Prayogo

Pengertian dan Sejarah Lari Jarak Jauh

Dalam lari jarak jauh, pelari harus menempuh jarak lari antara lain, 5000m, 10000m dan 42,195 KM. Dilihat dari sejarahnya, lari jarak jauh bermula dari perjuangan tentara Yunani, Pheidippides di abad ke-5 SM. Di masa itu, sering terjadi peperangan antara Yunani dan Persia. 

Yunani tidak suka dengan upaya Persia untuk menduduki wilayah negaranya. Beberapa waktu berselang, Persia akhirnya menyerah dari Yunani. Karena hal itu, bangsa Yunani mengutus tentaranya untuk mengirimkan pesan kemenangan itu kepada ibu kota Yunani, Athena.

Jarak yang harus ditempuh untuk berlarinya adalah 42 KM. Namun setelah itu, Pheidippides akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Demi mengenang jasanya, masyarakat Yunani menggelar perlombaan lari jarak jauh dengan jarak tempuh 42 KM. Hingga kini perlombaan lari jarak jauh sudah diikuti lebih dari jutaan orang diseluruh dunia. Perlombaan lari jarak jauh pun sudah diperlombakan di Olimpiade Athena 1896. 

Demikian informasi yang telah diulas Sportstars.id mengenai pengertian dan sejarah lari jarak jauh. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1537 seconds [12]