Ragam Lainnya | Detail

Pengertian dan Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga

Hadi Febriansyah
Kamis, 23 Juni 2022, 22:30 WIB
Pengertian dan Manfaat Pendinginan Setelah Berolahraga
Gerakan Pendinginan dalam olahraga (Istimewa)

JAKARTA - Pendinginan atau cooling down adalah sesuatu hal yang paling penting setelah berolahraga. Pasalnya, pendinginan memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah menormalkan tekanan darah dan suhu tubuh. 

Pendinginan sendiri merupakan gerakan penutup dala olahraga. Hal ini dilakukan setelah melakukan latihan fisik. Pendinginan adalah fase yang sangat penting dalam rangkaian aktivitas olahraga karena berguna untuk mengembalikan kondisi tubuh. 

Pengertian Pendinginan sendiri adalah gerakan melemaskan atau merilekskan otot tubuh yang sebelumnya sudah melakukan aktivitas olahraga. Ciri pendinginan adalah intensitas gerakan yang semakin lama semakin menurun. 

Tujuan Pendinginan Setelah Berolahraga Pendinginan umumnya terdiri dari gerakan aerobik atau kardiovaskular yang ringan disertai peregangan. 

Tujuan pendinginan adalah untuk mengurangi denyut jantung dan melemaskan otot secara bertahap.Gerakan pendinginan yang dilakukan secara baik dan benar dapat mengembalikan tubuh ke kondisi semula. 

Gerakan pendingingan ini pun beragam beberapa contoh gerakan pendinginan adalah jogging ringan atau berjalan dan meluruskan kaki di lantai lalu melakukan gerakan mencium lutut. Pendinginan juga bisa dilakukan dengan latihan peregangan otot. 

Tidak hanya itu saja, ternyata manfaat dari pendinginan sendiri ternyata beragam. Mulai dari embantu tekanan darah dan suhu tubuh kembali normal Membuat otot-otot tubuh menjadi rileks. Selain itu mengurangi kelelahan otot dan melatih kelenturan atau fleksibilitas otot.

Terakhir pendinginan ini juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya cedera dan mengurangi ketegangan sendi serta mengurangi risiko kram.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1573 seconds [12]