logo
Hobi | Detail

Pengertian dan Jenis Senam Lantai, Wajib Dicoba Kala Waktu Senggang

Tim Sportstars
Selasa, 19 Juli 2022, 23:54 WIB
Pengertian dan Jenis Senam Lantai, Wajib Dicoba Kala Waktu Senggang
Gerakan Senam Lantai Yang Perlu Diketahui (Foto: istimewa)

Pengertian dan jenis senam lantai akan dibahas dalam artikel ini. Pengertian senam lantai adalah senam yang dilakukan dengan menggunakan matras sebagai alas. Senam lantai terdiri dari beberapa gerakan seperti mengguling, melompat, berputar di udara, dan lain sebagainya. Jenis senam ini disebut latihan bebas karena saat melakukan gerakan tidak perlu menggunakan peralatan khusus. Hanya berbekal sebuah matras berukuran 1 meter saja.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 6 jenis senam lantai yang wajib dicoba kala waktu senggang untuk menyegarkan tubuh dan pikiran:

  1. Headstand

  • Gerakan headstand dapat membantu mengalirkan darah dan oksigen ke kepala, sehingga dapat membantu kinerja otak dan meningkatkan fokus.
  • Cara melakukan headstand yaitu dengan berdiri tegak menghadap dinding. Lalu, letakkan lengan depan pada matras dalam keadaan menekuk.
  • Tempelkan kepala pada matras dengan memegang kedua telapak tangan sebagai tumpuan. Lebarkan bahu untuk menopang tubuh.
  • Setelah itu, tarik punggung ke atas. Angkat kaki secara bergantian membentuk vertikal dan gunakan dinding sebagai alat untuk keseimbangan.
  • Tahan gerakan tersebut selama 30 detik, lalu tekuk kedua lutut di dada dan lenturkan punggung untuk kembali ke posisi awal. Handstand
  1. Gerakan handstand adalah berdiri dengan tangan. Caranya, yaitu carilah tempat yang datar seperti mengambil matras sebagai alasnya.

  • Posisikan badan membungkuk hingga kedua tangan menyentuh alas selebar bahu. Letakkan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Lalu, tekan kaki kiri dan angkat kaki kanan hingga posisi kedua kaki berbentuk lurus ke atas. Tahan kedua tangan sebagai tumpuan badan agar seimbang.
  1. Plank

  • Plank merupakan gerakan untuk melatih otot perut, lengan, dan bahu. Caranya yaitu posisikan badan telungkup dengan kedua siku menopang tubuh dan kedua kaki dalam keadaan jinjit.
  • Badan harus berada dalam posisi horizontal, tidak boleh miring. Tahan hingga seluruh tubuh dalam keadaan lurus dan seimbang.
     

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1541 seconds [13]