logo
Hobi | Detail

Pengertian Counter Attack dalam Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Tim Sportstars
Selasa, 26 Juli 2022, 18:28 WIB
Pengertian Counter Attack dalam Sepak Bola yang Perlu Diketahui
Counter attack menjadi salah satu strategi popular dalam sepak bola. (Foto: playbuzz)

JAKARTA - Pengertian counter attack dalam sepak bola akan dibahas dalam artikel ini. Dalam sepak bola, terdapat beberapa strategi untuk bisa memenangkan pertandingan, salah satunya counter attack. Berikut Sportstar.id telah merangkum pengertian counter attack dalam sepak bola.

Pengertian Counter Attack 

Counter Attack memiliki arti serangan balik. Apabila dideskripsikan, counter attack merupakan sebuah kondisi saat tim  melakukan serangan balik dengan cepat dan efektif saat mampu merebut bola dari lawan. 

Biasanya, counter attack dipasangkan dengan strategi bertahan karena hampir seluruh pemain lawan akan berada di setengah lapangan ketika kehilangan bola. Hal ini dilakukan untuk memancing pemain lawan saat mereka fokus terhadap serangan.

Ketika berhasil merebut bola, kondisi lawan yang tidak teratur dapat menjadi keuntungan bagi tim untuk melakukan serangan balik dengan cepat. 

Dalam strategi serangan balik ini, kiper memiliki peranan yang sangat penting untuk mengirimkan bola ke depan sebagai awal counter attack. Ketika berhasil merebut bola, tim dituntut untuk melakukan serangan secepat mungkin pada saat tim lawan sedang dalam posisi yang rentan. 

Hal yang Harus Diperhatikan saat Melakukan Counter Attack 

Kecepatan dalam Bermain

Dalam melakukan counter attack, tim disarankan untuk melakukannya secepat mungkin. Tidak hanya cepat, tim butuh ketajaman, ketangkasan, hingga strategi serangan baliknya menjadi efektif. 

 

Forward Passing (Operan ke Depan)

Saat melakukan passing (operan) ke belakang, pemain lawan akan mendapatkan banyak waktu untuk kembali mengatur formasi. Oleh karena itu, forward passing lebih banyak disukai oleh pemain karena dapat memanfaatkan kesempatan ketika formasi lawan masih berantakan. 

Kecepatan, Kekuatan, dan Mobilitas Pemain

Ketika strategi pertahanan sudah dipersiapkan dengan baik, meluncurkan serangan balik atau counter attack harus dilakukan dengan melakukan fast break sebelum tim lawan memiliki kesempatan untuk mengatur formasinya kembali. Seorang pemain disarankan memiliki kekuatan dan kecepatan untuk berlari cepat menuju pertahanan lawan. (Nur Fitriani)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1561 seconds [13]