Basket | Detail

Pengertian Bounce Pass dalam Bola Basket Beserta Tekniknya

Johana Joy Artamira
Rabu, 27 April 2022, 16:22 WIB
Pengertian Bounce Pass dalam Bola Basket Beserta Tekniknya
Ricky Rubio melakukan salah satu teknik pasing yang disebut Bounce pass dalam bola basket. (Foto: nbcsports)

JAKARTA – Basket adalah suatu permainan olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim. Masing – masing tim terdiri dari lima orang pemain. Biasanya, olahraga ini dilaksanakan di dalam ruangan. Dalam permainan bola basket, ada berbagai teknik yang digunakan. Salah satunya adalah passing. Teknik ini adalah teknik yang digunakan untuk mengumpan bola kepada teman satu tim.

Passing dapat dilakukan dengan menggunakan satu ataupun dua tangan. Caranya dengan pemain mendorong bola, memantulkan bola, atau melempar bola ke teman satu tim. Dengan demikian bola dapat mengalami perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain. Tujuannya agar bisa dimasukkan ke keranjang tim lawan untuk mencetak poin.

Pengertian Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik memberikan umpan dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan kedua tangaCara pass seperti ini sudah bisa dilakukan dengan berbagai variasi. Diketahui dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara melakukan bounce pass dalam permainan bola basket.

Cara Melakukan Bounce Pass dalam Permainan Bola Basket

Berikut adalah cara melakukan bounce pass dalam basket:

  • Teknik passing ini diawali dengan sikap permulaan sama dengan operan setinggi dada.
  • Peganglah bola hingga setinggi dada dengan menggunakan dua tangan.
  • Arahkanlah bola tiga perempat jarak dengan teman yang hendak diumpan maka bola akan memantul dari lantai dengan posisi yang menguntungkan untuk diterima, kira – kira setinggi pinggang.
  • Doronglah bola dengan tolakan dua tangan menyerong ke bawah dari letak badan lawan dengan jarak sekitar 1/3 dari penerima.
  • Arahkanlah pandangan mata ke arah bola yang dipantulkan lalu ke penerima.


Demikian tadi adalah informasi tentang pengertian bounce pass dalam bola basket yang dilengkapi dengan cara melakukannya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1340 seconds [13]