logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Atletik dan Jenis-Jenis Cabang Olahraga

Tim Sportstars
Jum'at, 07 Oktober 2022, 17:43 WIB
Pengertian Atletik dan Jenis-Jenis Cabang Olahraga
Pengertian atletik dan jenis-jenis cabang olahraga menarik diulik karena olahraga ini disebut sebagai mother of sport. (Foto: PB PON)

JAKARTA  - Pengertian atletik dan jenis-jenis cabang olahraga menarik diulik karena olahraga ini disebut sebagai mother of sport. Atletik dibagi menjadi beberapa cabang olahraga seperti jalan, lari, lempar dan lompat. 

Kata atletik berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata Athlon yang berarti perlombaan atau kontes. Tidak hanya di Yunani namun kata atletik ini mempunyai karakter tersendiri di berbagai negara lainnya,antara lain athletics (bahasa Inggris), Athletiek (bahasa Belanda), Athletuque (bahasa Perancis), dan Ahtletik (bahasa Jerman).

Berdasar pada beberapa lukisan kuno, banyak peneliti sepakat atletik merupakan olahraga kompetitif yang sudah digelar sejak Olimpiade kuno di Yunani. Olahraga ini kemungkinan mulai dikenal antara  500 dan 400 SM saat masa kejayaan Yunani. Tapi, mulai resmi dipertandingan saat Ancient Olympic Games, yang pertama kali diadakan sekitar tahun 776 SM. Olimpiade ini diadakan di  Yunani.

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Muhajir

Atletik adalah jenis olahraga yang tumbuh dan bisa berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berlari, melompat, berjalan, dan melempar.

Ballesteros

Atletik merupakan sebuah aktivitas jasmani yang terdiri dari beberapa nomor lomba yang terpisah yang berdasarkan kemampuan gerak dasar manusia, misalkan berlari, berjalan, melempar, dan melompat.

Eddy Purnomo

Atletik merupakan kegiatan atau beraktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan yang dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu adalah lari, jalan, lempar, dan lompat.

Mochamad Djumidar A. Widya

Atletik adalah satu di antara unsur pendidikan jasmani dan kesehatan. Atletik merupakan komponen pendidikan keseluruhan yang mengutamakan aktivitas jasmani serta adanya pembinaan hidup sehat dan pengembangan jasmani, mental, sosial, dan emosional yang selaras, serasi, dan seimbang.

Jenis-jenis Cabang Olahraga dalam Atletik

  1. Olahraga Atletik Jalan

  • Jalan cepat

Jalan cepat merupakan cabang olahraga atletik yang begitu umum ditemui. Jalan cepat biasanya diadakan di jalan raya atau lintasan lari. Jarak umum biasanya dalam perlombaan jalan cepat berkisar dari 3.000 meter hingga 100 kilometer

  1. Olahraga Atletik Berlari

  • Lari jarak pendek

Lari jarak pendek merupakan satu di antara cabang olahraga atletik. Adapun jarak tempuh lari jarak pendek, yaitu 100 m, 200 m, dan 400 m.

  • Lari jarak menengah

Lari jarak menengah adalah aktivitas olahraga yang dilakukan dengan cara berlari pada jarak tempuh 800 m, 1500 m, dan 3000 m.

  • Lari jarak jauh

Lari jarak jauh merupakan olahraga yang memiliki stamina yang banyak serta kecepatan dalam berlari dengan jarak tempuh 5.000 m, 10.000 m, dan 42.195 km.

 

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1806 seconds [12]