logo
Ragam Lainnya | Detail

Pengertian Aktivitas Ritmik: Contoh dan Manfaat

Intan Rachmasari
Jum'at, 09 September 2022, 23:08 WIB
Pengertian Aktivitas Ritmik: Contoh dan Manfaat
Aktivitas Ritmik. ((Foto: nbcnewyork))

JAKARTA - Pengertian aktivitas ritmik lengkap dengan contoh dan manfaatnya memang perlu untuk diketahui. Perlu diketahui bahwa aktivitas ritmik merupakan gerakan seperti dalam senam yang bisa dilakukan tanpa adanya bantuan alat. 

Sebelum istilah aktivitas ritmik muncul dalam kurikulum pendidikan jasmani, terdapat sebuah istilah senam irama, yaitu gerak-gerak senam yang diiringi oleh irama. Namun seiring perkembangan ilmu olahraga, aktivitas ritmik mulai dikenal. 

Aktivitas ritmik memiliki karakteristik sebagai gerak kreatif yang lebih mengacu ke bidang seni, sehingga pembahasan aktivitas ritmik sering dihubungkan dengan teori tari.

Dilansir dari beberapa sumber, Sportstars.id akan mengulas pengertian aktivitas ritmik lengkap dengan contoh dan manfaatnya. Berikut informasinya ;

Pengertian Aktivitas Ritmik

Pengertian aktivitas ritmik yaitu kegiatan yang mencakup semua rangkaian gerak manusia yang dilakukan dalam ikatan pola irama, disesuaikan dengan perubahan tempo atau semata-mata gerak ekspresi tubuh mengikuti iringan musik atau ketukan di luar musik (Agus Mahendra, 2008). 

Aktivitas ritmik juga bisa diartikan sebagai rangkaian gerak manusia yang dilakukan mengikuti pola irama, sehingga setiap gerakan atau ekspresi yang dihasilkan mengikuti iringan dan ketukan musik. 

Contoh Aktivitas Ritmik 

  1. Senam Ritmik Dengan Bola

Senam Ritmik (Sumber: Instagram)

Penggunaan bola dalam senam ritmik banyak digunakan pada senam ritmik modern. Bola digunakan dengan cara dilempar kemudian ditangkap lagi yang dilakukan di sela sela gerakan senam.

Dalam beberapa kompetisi bola yang digunakan memiliki diameter 18-20 cm dengan berat 400gr. 

  1. Senam Ritmik Dengan Pita 

Melihat Keindahan Senam Ritmik Nomor Pita Zaskia Dwi Yusnita di PON Papua XX

Pita juga menjadi salah satu alat yang digunakan pada senam ritmik saat ini. Pita sepanjangan 6 meter dipasang di sebuah tongkat dengan panjang 50 - 60cm.

Alat pita dapat digunakan secara mengayun ataupun gerakan mengular. Berbagai macam gerakan dilakukan untuk membuat senam ini terlihat lebih indah dengan gerakan pita pita tersebut.

  1. Senam Ritmik Dengan Hoola Hoops

Senam Ritmik, Antara Kesempurnaan Gerak dan Warna-warni Ceria Busana

Dalam senam ritmik menggunakan hula hoops juga sering dilakukan. Hoola hoops yang digunakan memiliki diameter ukuran 80 - 90 cm dengan berat mencapai 300gr. Hoola hoops kemudian dapat dilempar, digelindingkan, atau digerakan sesuai dengan teknik lain. 

  1. Senam Ritmik Dengan Tali 

Tali yang digunakan dalam senam ritmik ini memiliki ukuran sama dengan si pemegang tali. Penggunaan tali tidak tidak menggunakan tongkat seperti halnya penggunaan pita. 

  1. Senam Ritmik Dengan Alat Gada

Senam Ritmik, Antara Kesempurnaan Gerak dan Warna-warni Ceria Busana

Alat gada adalah alat olahraga tradisional dalam yang berasal dari budaya tradisional Hindu. Bentuknya mirip seperti botol dengan ukuran panjang mencapai 40 -50 cm dan berat mencapai 150gr.

Gerakan yang bisa dilakukan dengan alat ini adalah mengayun, lempar, memutar ataupun dengan gerakan lainnya sesuai dengan teknik yang dikuasai pemain nya.

Manfaat Aktivitas Ritmik 

  1. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Dalam senam ini sangat dibutuhkan unsur keseimbangan. Sehingga bagi mereka yang rutin melakukan kegiatan senam ritmik akan memiliki keseimbangan tubuh yang bagus. 

  1. Meningkatkan Konsentrasi 

Pada dasarnya kegiatan senam ritmik adalah senam dengan musik sebagai pengiringnya. Sehingga orang yang melakukan senam ritmik akan fokus memperhatikan musik untuk menyamakan gerakan sesuai irama. Sehingga senam ritmik ini dapat meningkatkan fokus seseorang.

  1. Menurunkan Kadar Lemak Tubuh

Gerakan lincah maksimal dalam senam ritmik akan meningkatkan massa otot pada tubuh. Seiring bertambahnya massa otot pada tubuh maka lemak dalam tubuh juga akan terkikis.

  1. Menyehatkan Jantung 

Senam ritmik dilakukan sesuai dengan  musik yang mengiringinya. Bergantung pada tempo lagu yang Anda gunakan, senam ritmik dapat melambat dan berputar dengan cepat.

  1. Menghilangkan Stres

Timbulnya suasana riang dan gembira pada saat melakukan senam ritmik menjadi alasan untuk penghilang stres.

Demikian informasi mengenai pengertian aktivitas ritmik lengkap dengan contoh dan manfaatnya. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.Id.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1714 seconds [13]