Ragam Lainnya | Detail

Pengambilan Nafas Dalam Renang Gaya Bebas

Wikku D. Nugroho
Sabtu, 11 Juni 2022, 01:39 WIB
Pengambilan Nafas Dalam Renang Gaya Bebas
Renang gaya bebas memiliki teknik untuk mengambil nafas. (Foto: Reuters/Carl Recine)

JAKARTA-Pengambilan nafas dalam renang gaya bebas merupakan salah satu topik menarik untuk dibahas kali ini. Renang merupakan salah satu olahraga yang populer di masyarakat saat ini. 

Beberapa gaya renang yang biasa dipakai umumnya adalah gaya dada, punggung, kupu-kupu, dan bebas. Kali ini akan dibahas gaya bebas yang merupakan salah satu teknik yang wajib dikuasai.

Walaupun masyarakat umumnya sudah mengerti cara renang gaya bebas, namun banyak yang belum mengetahui bagaimana cara bernafas ketika melakukan gaya renang ini. Karena itu berikut rangkumannya untuk disimak.

Pengambilan Nafas Dalam Renang Gaya Bebas

1. Teknik pengambilan nafas dalam renang gaya bebas dengan menghadapkan wajah ke kanan atau kiri ketika akan mengambil nafas. Sebelum melakukan renang gaya bebas ini alangkah baiknya mengambil nafas secara maksimal dan menahan udara di mulut.

2. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air, pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air, saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.

3. Setelah itu meluncur dengan gaya bebas. Keluarkan udara yang berada di mulut tadi. Lalu, ketika akan mengambil nafas hadapkan wajah ke arah kiri atau kanan sesuai kenyamanan. 

4. Di saat wajah hadap ke samping, usahakan tangan keluar dari air. Ambil nafas secara maksimal melalui mulut kemudian buang ketika wajah sudah di dalam air. Lakukan hal tersebut kembali berurutan.  

Demikian informasi tentang pengambilan nafas dalam renang gaya bebas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang ingin memulai renang gaya bebas.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1442 seconds [13]