logo
Liga Italia | Detail

Penerapan Teknologi Offside Semi-Otomatis, Liga Italia Jadi Kompetisi Domestik Pertama

Ilham Sigit Pratama
Kamis, 29 September 2022, 14:00 WIB
Penerapan Teknologi Offside Semi-Otomatis, Liga Italia Jadi Kompetisi Domestik Pertama
Teknologi di kompetisi Liga Italia 2022-2023

ROMA - Liga Italia akan menjadi kompetisi domestik pertama yang menggunakan teknologi offside semi otomatis. Teknologi canggih tersebut akan diterapkan di Liga Italia putaran kedua musim 2022-2023.

Harus diakui bahwa teknologi memainkan peran penting dalam menjalankan pertandingan sepak bola yang baik. Sebelumnya, kompetisi di berbagai penjuru dunia sudah menggunakan Video Assistant Referee (VAR) dan teknologi garis gawang.

Kini, sepak bola Eropa sedang mencanangkan teknologi baru untuk mendeteksi offside. Sebab menganalisis offside menggunakan VAR akan memakan waktu lama.

Teknologi tersebut sebelumnya telah diuji coba di laga Liga Champions 2022-2023. Nantinya, teknologi offside semi otomatis baru akan digunakan secara resmi di Piala Dunia 2022.

Liga Italia menjadi kompetisi domestik pertama yang akan menggunakan teknologi tersebut. Rencananya, teknologi pendeteksi offside semi otomatis akan diterapkan di putaran kedua Liga Italia 2022-2023, yakni per Januari 2023.

Presiden federasi sepak bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menguji coba teknologi tersebut. Dirinya berharap teknologi tersebut siap pakai pada awal tahun depan.

“Eksperimen akan dimulai pada hari teknologi Selasa depan, saya berharap itu bisa digunakan pada tanggal 4 Januari, ketika Piala Dunia sudah usai,” kata Gravina dikutip Football Italia, Kamis (29/9/2022).

Wasit di Liga Italia memang menuai sorotan tajam belakangan ini. Hujan kritikan datang usai Juventus bermain imbang 2-2 dengan Salernitana dalam lanjutan Liga Italia 2022-2023.

Kala itu, gol Arkadiusz Milik dianulir karena dinilai offside. Padahal ada Antonio Candreva yang berada di sudut lapangan.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1800 seconds [12]