Liga Indonesia | Detail

Pemerintah Izinkan Kompetisi Olahraga dengan Penonton, Tes Antigen dan PCR Ditiadakan

Raka Novianto
Selasa, 10 Mei 2022, 07:29 WIB
Pemerintah Izinkan Kompetisi Olahraga dengan Penonton, Tes Antigen dan PCR Ditiadakan
Tes PCR Persebaya (Foto: Media Persebaya)

JAKARTA - Pemerintah mengizinkan kompetisi olahraga dihadiri oleh penonton. Selain itu, tes antigen dan PCR untuk pelaksanaan kompetisi olahraga ditiadakan.

Seperti diketahui, pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali hingga 23 Mei 2022 mendatang. Hal tersebut tertuang dalam Inmendagri Nomor 24 Tahun 2022.

Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal mengatakan bahwa aturan terkait syarat menunjukkan hasil negatif PCR dan Antigen untuk pelaksanaan kompetisi olahraga ditiadakan dan penonton boleh hadir di stadion.

"Dalam perpanjangan PPKM Jawa-Bali, aturan terkait syarat menunjukkan hasil negatif PCR dan Antigen untuk beberapa kegiatan ditiadakan, seperti pada pelaksanaan kompetesi olahraga, baik untuk seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, hingga seluruh penonton. Namun seluruhnya tetap dipersyaratkan untuk mendapatkan vaksinasi minimal dosis kedua," ujar Safrizal dalam keterangannya, Selasa (10/5/2022).

Dalam Inmendagri tersebut diatur bahwa untuk semua kompetisi olahraga dapat dilaksanakan dengan ketentuan yakni tempat penyelenggaraan hanya di wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3, level 2 dan level 1.

Lalu seluruh pemain, ofisial, kru media, staf pendukung, dan penonton wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan latihan.

Pelaksanaan kompetisi diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion dengan maksimal persentase dari kapasitas stadion mengikuti kriteria level di wilayah Kabupaten/Kota yakni 50 persen untuk level 3, 75 persen untuk level 2 dan 100 persen untuk level 1. 

Seluruh penonton yang hadir langsung di stadion wajib sudah divaksinasi booster atau vaksinasi lengkap. Lalu, seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, dan pelaksanaan kompetisi wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan.


 
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1340 seconds [12]