logo
Bola Lainnya | Detail

Pembangunan Training Center Sepak Bola di IKN Ditargetkan Rampung 1 Tahun

Cikal Bintang Raissatria
Rabu, 03 Agustus 2022, 17:35 WIB
Pembangunan Training Center Sepak Bola di IKN Ditargetkan Rampung 1 Tahun
Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan Gelora Samudera, Denpasar, pada Jumat (21/1/2022) (Foto: Instagram/@pssi)

JAKARTA - Proyek pembangunan training center sepak bola di IKN (Ibu Kota Nusantara) ditargetkan rampung dalam kurun waktu satu tahun. Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam konferensi pers virtual, Rabu (3/8/2022) sore WIB. 

Seperti diketahui, Iriawan dan Menpora RI Zainudin Amali bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka,  Jakarta, Rabu (3/8/2022) pagi WIB. Pertemuan itu digelar guna membahas dunia persepakbolaan Tanah Air. 

Salah satu pokok pembahasannya adalah pembangunan pusat latihan sepak bola di IKN. Presiden Jokowi menyediakan lahan sekira 30-50 hektar di IKN untuk kemudian dibangun pusat latihan sepak bola Timnas Indonesia.

Tawaran dari Presiden Jokowi itu jelas disambut baik oleh PSSI. Selain luas tanah yang sudah ditawarkan, Iriawan mengatakan Presiden Jokowi menargetkan proyek itu rampung dalam kurun 1-1,5 tahun. 

Presiden RI, Joko Widodo, menyampaikan wacana pembangunan fasilitas pusat pelatihan sepak bola di IKN kepada Menpora RI Zainudin Amali (Foto: Sekretariat Negara)
Presiden RI, Joko Widodo, menyampaikan wacana pembangunan fasilitas pusat pelatihan sepak bola di IKN kepada Menpora RI Zainudin Amali (Foto: Sekretariat Negara)

“Jadi itu kesiapan tanah dan pembangunan waktunya kita akan lihat, beliau (Presiden Jokowi) mengatakan kalau bisa satu tahun sudah jadi pusat pelatihannya,” kata Iriawan.

Lebih lanjut, PSSI dan Menpora akan melakukan survei terlebih dahulu sebelum pembangunan. Survei tersebut direncanakan dilangsungkan pada Agustus 2022 guna menggodok persiapan pembangunan pusat latihan sepak bola di IKN.

Tentu saja, kabar tersebut menjadi angin segar bagi para pecinta sepakbola Tanah Air. Pasalnya, selama ini Timnas Indonesia tidak memiliki lapangan khusus untuk melakukan pemusatan latihan dalam mempersiapkan turnamen-turnamen yang mereka ikuti.

Selain itu, pembangunan training center tersebut juga bakal bermanfaat untuk pembinaan para pemain muda Tim Merah-Putih yang terdiri dari berbagai kelompok umur. Diharapkan, bakat-bakat mereka bisa terasah dengan maksimal dengan tersedianya training center yang memiliki fasilitas lengkap di IKN nantinya. 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2015 seconds [13]