Balap Lainnya | Detail

Pembalap Superbike Tewas Usai Tabrak Dinding Pembatas

Muhamad Mirza
Rabu, 14 April 2021, 14:12 WIB
Pembalap Superbike Tewas Usai Tabrak Dinding Pembatas
Matheus Barbosa (Foto: World Superbike)

SAO PAULO - Duka menyelimuti ajang balap Brasil Superbike di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace, Sao Paulo, November 2020. Pembalap bernama Matheus Barbosa tewas usai motornya menghantam dinding pembatas sirkuit tersebut. 

Tragedi itu terjadi tepatnya pada Minggu 8 November 2020.  Matheus yang menunggangi motor Kawasaki, saat itu sedang berpeluang masuk podium karena berada di posisi empat.

Tragisnya, ketika hendak menikung, pembalap berusia 23 tahun itu kehilangan kendali motornya. Alhasil, dia melaju ke luar lintasan dan menghantam dinding pembatas yang terbuat dari logam. Sempat mendapat pertolongan, Matheus akhirnya meninggal dunia ditempat. Akibat insiden ini, balapan langsung dihentikan meski tersisa 10 lap lagi.

“Petugas medis terdekat segera menghampiri Matheus dalam waktu 60 detik. Tapi, meski sudah melakukan segala upaya, dia tewas (di tempat) karena luka yang sangat parah,” jelas pernyataan juru bicara Brasil SuperBike.

“Penyebab kematiannya masih dalam penyelisikan. Atas dasar rasa hormat kepada mendiang Matheus, dan keluarganya (serta sebagai bentuk duka cita), semua aktivitas yang berkaitan dengan balapan segera dibatalkan,” jelasnya lagi, dilansir The Sun.

Penyelenggara Brasil SuperBike menyatakan tewasnya Matheus murni karena kecelakaan. Pasalnya, semua prosedur pengamanan dan keselamatan bagi para pembalap sudah dilakukan semaksimal mungkin oleh pihak berwenang sebelum balapan diselenggarakan.

Hanya saja, ini bukan pertama kalinya ada korban jiwa di olah raga ini. Pada April 2019, pembalap SuperBike lainnya, yaitu Mauricio Paludete tewas di sirkuit Interlagos. Tidak berselang lama, pembalap bernama  Danilo Berto juga kehilangan nyawanya di sirkuit yang sama. 
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1511 seconds [13]