logo
Balap Lainnya | Detail

Pembalap Mobil Wanita Indonesia Pertama: Alexandra Asmasoebrata Raih Rekor MURI

Intan Rachmasari
Rabu, 12 Oktober 2022, 20:15 WIB
Pembalap Mobil Wanita Indonesia Pertama: Alexandra Asmasoebrata Raih Rekor MURI
Alexandra Asmasoebrata (Foto: Instagram)

JAKARTA - Pembalap mobil wanita Indonesia pertama adalah Alexandra Asmasoebrata yang berhasil meraih rekor MURI sebagai pembalap wanita Indonesia satu satunya di kancah Asia. 

Pembalap wanita yang sudah berkarir sejak usia 12 tahun di kelas gokart ini sudah menunjukan kilaunya sejak dini. Alexandra Asmasoebrata pernah menjajal sirkuit Formula Renault Asia.  

Namanya cukup dikenal di dunia balap Indonesia hingga saat ini. Sebagai wanita ternyata kemampuan Alexandra Asmasoebrata untuk terjun di olahraga yang umumnya digandrungi kaum adam cukup diperhitungkan. 

Salah satu pembalap wanita Indoensia, Alexandra Asmasoebrata (Instagram)

Pembalap Mobil Wanita Indonesia Pertama

Pembalap wanita Indonesia ini memiliki nama lengkap Allida Alexandra Nurluthvia dan akrab disapa Andra. Lahir di Jakarta pada 23 mei 1988, saat ini wanita cantik yang berprofesi sebagai pembalap berusia 34 tahun. 

Diketahui jika Andra adalah putri dari pasangan Alex Asmasoebrata dan sang istri Sofia Muri Mardiana. Ternyata Andra sudah mengenal dunia balap sejak kecil berkat sang ayah yang merupakan mantan pembalap profesional. 

Andra sudah berkarir sejak usia 12 tahun di kelas gokart ini sudah menunjukan kilaunya sejak dini.Dirinya fokus untuk menjadi pembalap gokart kelas 60cc. Kemudian dirinya beralih untuk naik kelas di cc 125. 

Kemampuannya dalam mengendarai gokart dibuktikan ketika dirinya berhasil menjadi juara di ajang bergengsi si ASEAN. Andra merupakan satu satunya pembalap wanita asal Indonesia yang berhasil menjuarai ajang ini. 

Langkahnya sebagai pembalap wanita semakin bersinar, saat dirinya mendapat tawaran untuk melaju di ajang Internasional bersama Formula BMW di Spanyol pada tahun 2004 silam. 

Di tahun 2005 Andra berhasil menjadi juara umum Formula Campus Asia yang diselenggarakan di China. Alexandra Asmasoebrata juga pernah menjajal sirkuit Formula Renault Asia.  

Deretan prestasi Andra mulai tercatat seiring meningkatnya popularitas dirinya sebagai pembalap wanita Indonesia. Sehingga dirinya didaulat sebagai satu satunya pembalap wanita asal Indonesia yang karirnya berkilau di pentas Internasional. Pada tahun 2007 dirinya dianugerahi rekor MURI. 

Demikian informasi mengenai pembalap mobil wanita Indonesia pertama. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan para pembaca setia Sportstars.id

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1766 seconds [13]