MotoGP | Detail

Pembalap Ducati Merasa Long-Lap MotoGP AS 2021 Tidak Adil

Rifqi Herjoko
Selasa, 05 Oktober 2021, 14:12 WIB
Pembalap Ducati Merasa Long-Lap MotoGP AS 2021 Tidak Adil
Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, merebut pole position pada Kualifikasi MotoGP Austria 2021 di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (14/8/2021) malam WIB (Foto: MotoGP)

AUSTIN – Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin, merasa kehilangan kesempatan naik podium di Sirkuit COTA Senin (4/10/2021) lantaran penalti long lap yang tidak adil. Dia mendapatkan hukuman tersebut karena menggunakan area run-off di Tikungan ke-5.

Sang rookie sejatinya memulai dengan baik pada awal balapan. Pembalap berusia 23 tahun itu bergerak ke posisi tiga di depan Francesco Bagnaia dan Alex Rins dari Suzuki sebelum mencoba menyalip pemimpin seri Fabio Quartararo untuk posisi runner-up.

Sayang, upaya yang dia lakukan tidak berhasil. Dia pun tertahan di belakang pembalap Yamaha tersebut. Kemudian, Jorge Martin terkena sial pada tikungan ke-5.

Dia terpaksa memotong run-off di bagian dalam tikungan. Sang pembalap pun diberi hukuman long-lap yang membuatnya turun posisi ke peringkat kelima.

Usai laga, Martin mengungkapkan rasa frustrasinya karena dia menganggap dia bisa menyalip Bagnaia kembali di lap terakhir untuk merebut kembali kesempatan naik podiumnya. Dia pun buka suara atas kejadian tersebut.

“Saya memulai dengan cukup baik dan merasa percaya diri. Kecepatan yang saya hasilkan sangat bagus. Akan tetapi, saya hampir miring (di Tikungan 5 sebelum berlari keluar trek) dan saya kehilangan waktu. Namun demikian, saya juga terkena hukuman long lap. Menurut saya, itu tidak adil,” jelas Martin dilansir dari Motorsportweek Selasa (5/10/2021).

 

“Aturannya seperti itu dan saya harus kehilangan posisi. Akan tetapi, 15 lap pertama yang saya lakoni sungguh luar biasa. Saya sangat kuat, tetapi pada akhirnya kondisi fisik saya tidak 100%. Jadi, saya agak kesulitan,” sambungnya.

Meski begitu, sang pembalap muda tetap merasa senang atas hasil yang didapatnya di GP Amerika Serikat 2021 ini.

“Saya senang atas pencapaian saya dan tim karena kami berada di jalan yang benar untuk terus berkembang. Balapan hari ini secara keseluruhan cukup baik. Mungkin (balapan ini) yang terberat di tahun ini secara fisik. Oleh sebab itu, pengalaman hampir finis di podium itu luar biasa,” tutupnya.

Sebagai informasi, fisik Martin memang belum 100 persen pulih usai kecelakaan parah di GP Portugal pada bulan April lalu. Saat itu, dia menderita patah tulang di tangan dan kakinya. Oleh sebab itu, performa yang dia tunjukkan di GP kali ini belum optimal.

Editor : Hadi Febriansyah

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3343 seconds [12]