logo
Hobi | Detail

Pembagian Waktu Dalam Permainan Sepakbola yang Perlu Kita Ketahui

Tim Sportstars
Kamis, 21 Juli 2022, 16:01 WIB
Pembagian Waktu Dalam Permainan Sepakbola yang Perlu Kita Ketahui
Pembagian waktu dalam permainan sepakbola memiliki aturannya sendiri. (Foto: Man City)

JAKARTA - Pembagian waktu dalam permainan sepakbola akan dibahas dalam artikel kali ini. Sepakbola merupakan permainan yang banyak digemari oleh manusia di seluruh dunia. Permainan ini dimainkan kalangan muda hingga tua ,bahkan wanita juga bisa memainkannya.

Sepakbola tentunya memiliki aturan tersendiri. Juga, ada aturan resmi mengatur pembagian waktu bermain olahraga ini. Nah, kali ini Sportstars.id akan membahas pembagian waktu dalam permainan sepakbola.

Pembagian waktu dalam sepakbola

Sepak bola dalam pertandingan resmi memiliki aturan waktu normal  2 x 45 menit. Setelah 45 menit pertama akan diberikan waktu istirahat selama 15 menit menuju 45 menit kedua.

Dalam turnamen dengan sistem gugur, jika kedudukan pertandingan masih seri setelah 45 menit kedua, maka akan diadakan perpanjangan waktu 2x15 menit untuk mencari pemenang. 

Namun jika keadaan masih imbang setelah tambahan waktu 2 x 15 menit, maka pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti untuk menentukan siapa pemenangnya.

Wasit dapat menentukan berapa lama waktu tambahan di setiap akhir babak sebagai pengganti dari waktu yang hilang akibat pergantian pemain, cedera yang membutuhkan pertolongan, ataupun penghentian lainnya. Waktu tambahan ini disebut sebagai injury time atau additional time

Gol yang dicetak dalam perpanjangan waktu akan dihitung menjadi skor akhir pertandingan. Sedangkan gol dari adu penalti hanya menentukan apabila suatu tim dapat melaju ke pertandingan selanjutnya ataupun tidak (tidak mempengaruhi skor akhir).

Itulah pembagian waktu dalam permainan sepakbola, semoga bermaaf bagi para pembaca. (Rahmatul Fajri)

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1599 seconds [12]