logo
Bola Lainnya | Detail

Pemain Vietnam Disarankan Jangan Pindah ke ASEAN Termasuk Indonesia, Ada Apa?

Basudiwa Supraja
Selasa, 24 Januari 2023, 17:15 WIB
Pemain Vietnam Disarankan Jangan Pindah ke ASEAN Termasuk Indonesia, Ada Apa?
Timnas Vietnam saat menjuarai Piala AFF 2018 (Foto: AFF Presse)

HANOI - Para pemain Vietnam disarankan untuk tidak pindah ke liga-liga di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Hal itu disampaikan mantan pelatih Vietnam, Henrique Calisto yang menyebut kompetisi di ASEAN tidak akan memberi pengaruh besar bagi para pemain Vietnam.

Pria berpaspor Portugal itu menyarankan agar para pemain Vietnam abroad ke Eropa. Namun jika hal tersebut sulit dicapai, dia meminta setidaknya para talenta Vietnam agar bisa abroad ke Korea Selatan atau Jepang.

Itu dikarenakan persaingan kompetisi di Korea dan Jepang jauh lebih baik dari pada Asia Tenggara. Calisto bahkan tidak menyetujui jika ada pemain Vietnam pergi ke Asia Tenggara termasuk Liga 1 Indonesia dan Liga Thailand.

Meski Thailand saat ini juga menjadi salah satu tim terkuat di ASEAN, tetapi Calisto tetap berpandangan lain. Pasalnya, saat ini Vietnam secara peringkat masih lebih tinggi dari Thailand, 96 banding 111 di FIFA Ranking.

"Jika Anda tidak bisa pergi ke Eropa, yang terbaik adalah bermain di liga Jepang dan Korea, yang merupakan dua liga yang paling berkembang," jelas Calisto, dikutip dari Zing News, Selasa (24/1/2023).

"Cara terbaik bagi seorang pemain untuk meningkatkan dirinya adalah bermain di sepak bola asing dengan latar belakang sepak bola yang kuat. Tapi jika mereka memilih pergi ke Thailand, Indonesia, Singapura, turnamen-turnamen itu tidak terlalu berpengaruh," lanjutnya kemudian.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1792 seconds [12]