logo
Tim Nasional | Detail

Pemain Keturunan Max Christoffel Tidak Dipanggil Timnas Indonesia, Ibunda Angkat Bicara

Basudiwa Supraja
Sabtu, 24 September 2022, 18:21 WIB
Pemain Keturunan Max Christoffel Tidak Dipanggil Timnas Indonesia, Ibunda Angkat Bicara
Max Christoffel sempat menjalani seleksi Timnas Indonesia U-19 (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

AMSTERDAM - Pemain keturunan, Max Christoffel, tidak dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia hingga saat ini. Sang ibu, Christine, angkat bicara mengenai hal tersebut.

Lewat media sosial Twitter, Christine mengaku putranya itu ingin dinaturalisasi agar bisa bermain di Timnas Indonesia. Dia dan suami pun siap memberi izin yang diperlukan untuk memperlancar proses naturalisasi.

"Max Christoffel, ingin diberi naturalisatie agar bisa bermain di o21 Indonesia. Orang tuanya segera memberikan izin. Harus ditanyakan," tulis Christine lewat akun Twitter @christi89903043, Sabtu (24/9/2022).

Sebagaimana diketahui, Max Christoffel merupakan satu dari tiga pemain keturunan Indonesia yang mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Jakarta beberapa waktu lalu. Namun, dia kemudian dipulangkan ke Belanda karena belum memenuhi kriteria pelatih Shin Tae-yong.

Max Christoffel beraksi pada TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta beberapa waktu lalu (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)
Max Christoffel beraksi pada TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta beberapa waktu lalu (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

Bahkan, Shin kini mengajukan nama pemain keturunan baru lagi kepada PSSI. Hal itu sebagai bentuk persiapan Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2023. Hal tersebut tentu mengancam Max Christoffel.

Sekadar informasi, Christoffel bermain sebagai bek kiri. Dia tengah berkarier di Belanda bersama Willem II U-21. Sang pemain merupakan jebolan Akademi Feyenoord. 

Christoffel memiliki darah keturunan Indonesia dari sang ayah yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Adapun Christine, sang ibunda, berkewarganegaraan Belanda. 

Artinya, Christoffel memiliki keturunan langsung Indonesia dan akan sangat mudah untuk proses naturalisasi. Akan tetapi, dia memang belum berhasil mencuri hati Shin.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1775 seconds [12]