logo
Bola Lainnya | Detail

Overlaping Run dalam Sepak Bola, Serta Pemain yang Lihai Memainkannya!

Wikku D. Nugroho
Selasa, 24 Januari 2023, 18:24 WIB
Overlaping Run dalam Sepak Bola, Serta Pemain yang Lihai Memainkannya!
Andy Robertson termasuk salah satu bek sayap yang kerap melakukan overlaping run. (Foto: Sky Sports).

JAKARTA - Overlaping Run dalam sepak bola menarik untuk diulas kali ini. Berbagai posisi pemain dalam sebuah tim sepak bola memiliki kesempatan untuk mencetak gol. 

Entah itu dari penyerang, gelandang, bertahan hingga penjaga gawang. Dalam dunia sepak bola modern, pemain bertahan tidak hanya bertugas membantu pertahanan. Namun juga dapat mencetak gol untuk tim yang dibelanya. 

Pemain belakang merupakan salah satu posisi di sektor pertahanan. Namun uniknya mereka kerap diberdayakan dalam membantu penyerangan dan membobol gawang lawan.

Beberapa pemain sayap kelas dunia yang mampu melakukan peran tersebut antara lain Andy Robertson, Trent Alexander-Arnold hingga Joao Cancelo. 

Perlu diketahui teknik penyerangan dari bek sayap itu dalam dunia sepak bola dinamakan overlaping run. Ingin tahu penjelasan lebih lengkapnya? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasannya;

Overlaping Run Dalam Sepak Bola

Dilansir dari laman resmi Soccer Coach Weekly, overlaping run adalah gerakan tanpa bola ketika pemain bek sayap sedang melakukan gerakan lari dari sisi luar untuk membantu penyerangan ketika rekan setimnya sedang menguasai bola.

Dalam hal ini, bek sayap juga berperan dalam strategi penyerangan dalam sebuah tim. Mereka melakukannya dengan cara membuka ruang dari sisi lapangan. Hal itu membuat tim dengan mudah menghancurkan sistem pertahanan tim lawan. 

Teknik dilakukannya sistem penyerangan overlaping run dalam sepak bola adalah; 

1. Menciptakan situasi overload 2v1.
2. Membuka ruang untuk dengan menarik lawan dari rekan tim yang sedang menguasai bola.
3. Menciptakan peluang untuk membuat assist atau mencetak gol ke gawang lawan.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1905 seconds [12]