Ragam Lainnya | Detail

Olimpiade Paris 2024: Pertama Dalam Sejarah, Upacara Pembukaan Digelar di Luar Stadion

Quadiliba Al-Farabi
Selasa, 14 Desember 2021, 10:33 WIB
Olimpiade Paris 2024: Pertama Dalam Sejarah, Upacara Pembukaan Digelar di Luar Stadion
Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 Dilangsungkan di luar stadion (Foto: The Guardian)

PARIS - Olimpiade Paris 2024 akan berbeda dari gelaran sebelumnya. Untuk kali pertama dalam sejarah, upacara pembukaan ajang empat tahunan ini tidak digelar di dalam stadion melainkan di sungai!

Dilansir dari laman resmi Olimpiade Paris 2024 pada Selasa (14/12/2021), pihak penyelenggara berjanji menampilkan keberanian, sisi otentik, dan keunikan sepanjang sejarah olimpiade. Mengacu pada hal tersebut, mereka pun memilih sungai Seine di Paris sebagai venue penyelenggaraan upacara pembukaan.

Sungai ini berada persis di samping ikon negara Prancis yakni Menara Eiffel. Hebatnya lagi, kalau biasanya upacara pembukaan di dalam stadion memerlukan tiket masuk dengan variasi harganya. Namun di Paris nanti event ini akan dibuka untuk umum secara gratis.

TOKYO - Kembang api menghiasi Stadion Olimpiade Tokyo saat penutupan Paralimpiade Tokyo 2020 di Jepang, Minggu (6/9/2021). Penutupan Paraimpiade tersebut diawali dengan video dari relawan yang bertugas di Paralimpiade 2020 dengan aksi-aksi teatrikal

(Foto: upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020)

“Untuk pertama kalinya Olimpiade Musim Panas, sebuah upacara akan diadakan di luar stadion,” tulis laman resmi Olimpiade Paris 2024 (Paris2024.org).

“Di Sungai Seine, Upacara Pembukaan paling spektakuler & mudah diakses dalam sejarah Olimpiade. Terbuka untuk semua, terbuka untuk Anda!” lanjut tulisan itu.

“Sebuah upacara yang terbuka untuk sebanyak mungkin orang dan pertama kalinya akan gratis,” lanjut tulisan tersebut.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1090 seconds [13]