logo
Ragam Lainnya | Detail

Olahraga Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Tim Sportstars
Senin, 21 November 2022, 21:50 WIB
Olahraga Untuk Meningkatkan Daya Ingat
Manfaat olahraga 5 menit setiap hari bisa kita rasakan dengan perbaikan kualitas hidup. (Foto: Ebylife)

JAKARTA - Olahraga untuk meningkatkan daya ingat. Rutin melakukan olahraga untuk otak akan sangat bermanfaat, terutama saat usia lanjut. Olahraga untuk otak dapat meningkatkan kemampuan mengingat sehingga dapat mencegah kepikunan. 

Olahraga tidak hanya baik untuk otot dan tulang, berolahraga juga dapat menjaga kesehatan otak Anda. Olahraga dapat meningkatkan kesehatan kognitif Anda, seperti membantu berpikir, belajar, memecahkan masalah, dan mengatur keseimbangan emosional. 

Selain itu, juga dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi kecemasan atau depresi. Tetapi Anda tidak harus menjadi ahli kebugaran untuk mendapatkan manfaatnya. Setiap olahraga yang Anda lakukan sudah dapat membantu. 

Tidak peduli usia atau tingkat kebugaran Anda, aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, kesehatan otak, dan kualitas hidup. Selain meningkatkan kesehatan otak, olahraga secara teratur juga dapat mengurangi risiko penurunan kognitif, seperti demensia. 

Satu studi menemukan bahwa penurunan kognitif hampir dua kali lebih umum terjadi di antara orang dewasa yang tidak aktif bergerak dibandingkan dengan mereka yang aktif bergerak. dan olahraga untuk meningkatkan daya ingat memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat olahraga untuk meningkatkan daya ingat:

Membuat Otak lebih "Fleksibel"

Manfaat olahraga untuk otak yang ketiga yakni untuk membuat otak lebih fleksibel. Neuroplastisitas adalah kemampuan otak Anda untuk berubah ketika Anda belajar dan mengalami hal-hal baru.

Otak yang lebih muda umumnya lebih baik daripada yang lebih tua dalam melakukan hal ini, tetapi mereka yang seusia dapat memiliki kapasitas yang sangat berbeda. Para ilmuwan percaya baik latihan aerobik dan latihan beban dinilai membantu membuat otak lebih fleksibel.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1963 seconds [12]