F1 | Detail

Ocon Tuduh Aspal Sirkuit COTA Bahaya untuk Mobil F1

Muammar Yahya Herdana
Jum'at, 29 Oktober 2021, 17:23 WIB
Ocon Tuduh Aspal Sirkuit COTA Bahaya untuk Mobil F1
Pembalap Alpine F1 Team, Esteban Ocon, mengeluhkan aspal Sirkuit COTA (Foto: Reuters/Mike Blake)

ENSTONE - Esteban Ocon menjadi pembalap F1 pertama yang mengeluhkan kondisi aspal Sirkuit COTA, Austin, tuan rumah balapan F1 GP AS 2021. Pembalap Alpine F1 Team itu mendesak pengelola sirkuit untuk memperbaiki beberapa area. 

Keluhan terhadap aspal Sirkuit COTA pertama kali diungkap para pembalap MotoGP. Tak kurang dari Fabio Quartararo, Valentino Rossi, dan Joan Mir, ramai-ramai memprotes aspal sirkuit yang bergelombang. 

Pengelola sempat memperbaiki sedikit area-area yang dikeluhkan jelang F1 GP AS 2021, Senin (24/10/2021) dini hari WIB. Akan tetapi, nyatanya usaha tersebut kurang memberi hasil yang positif. 

Pembalap akan sering mengubah arah motor di Sirkuit COTA yang berkelok-kelok (Foto: MotoGP)
Aspal Sirkuit COTA banyak dikeluhkan pembalap (Foto: MotoGP)

Buktinya, Ocon mengeluhkan gundukan aspal di COTA. Dia menilai gundukan aspal justru merusak suspensi dan lantai mobil A521 miliknya. Akibatnya, pembalap asal Prancis itu gagal finis. 

"Menurut saya, (aspal) itu berada di batas keandalan mobil. Saya pikir akan sedikit lebih baik tahun depan. Kalu tidak, maka mobil akan mulai menghadapi isu-isu," papar Ocon, mengutip dari Crash, Jumat (29/10/2021). 

"Ketika Anda melaju lambat, itu bukan masalah besar, tetapi begitu Anda melaju cepat, itu akan berdampak besar pada lantai dan suspensi. Para insinyur melihat alarm merah dalam beban tinggi dan itu bukan sesuatu yang harus kita lihat,” sambung pembalap berusia 25 tahun tersebut. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2468 seconds [13]