logo
F1 | Detail

Nyaris Ditabrak Fernando Alonso di Pit, Carlos Sainz Jr Salahkan Kru McLaren

Andhika Khoirul Huda
Selasa, 06 September 2022, 22:17 WIB
Nyaris Ditabrak Fernando Alonso di Pit, Carlos Sainz Jr Salahkan Kru McLaren
Carlos Sainz Jr (Scuderia Ferrari) mengalami hari buruk pada F1 GP Belanda 2022 (Foto: Reuters/Piroschka van de Wouw)

MARANELLO - Carlos Sainz Jr buka suara soal insiden yang melibatkannya dengan Fernando Alonso di jalur pit Sirkuit Zandvoort, Belanda, Minggu (4/9/2022) malam WIB. Pembalap tim Scuderia Ferrari itu menuding ulah kru McLaren F1 Team menyebabkan hampir terjadi tabrakan fatal.

Balapan F1 GP Belanda 2022 itu sungguh berlangsung buruk buat Sainz. Setelah kru Ferrari melakukan kesalahan saat penggantian ban, pembalap asal Spanyol itu dijatuhi hukuman tambahan waktu lima detik. Dia didakwa melakukan pelanggaran 'unsafe release' atau keluar pit box dengan tidak aman.

Ya, Sainz nyaris bertabrakan dengan Alonso yang hendak masuk ke pit Alpine F1 Team. Steward tanpa tanggung-tanggung menyebut pembalap berusia 28 tahun itu bersalah dan menjatuhkan hukuman tambahan waktu lima detik. Dia pun harus puas turun posisi finis ke urutan delapan dari lima.

Carlos Sainz Jr (Scuderia Ferrari) nyaris ditabrak Fernando Alonso (Alpine F1 Team) pada balapan F1 GP Belanda 2022 (Foto: Racing News 365)
Carlos Sainz Jr (Scuderia Ferrari) nyaris ditabrak Fernando Alonso (Alpine F1 Team) pada balapan F1 GP Belanda 2022 (Foto: Racing News 365)

Sainz lantas angkat bicara mengenai insiden tersebut. Dia mengklaim menghindari seorang kru McLaren yang membawa dongkrak dan menghalangi jalur keluarnya. Hal itu terjadi lantaran jalur dan pit box di Zandvoort begitu sempit.

“Pada saat mereka melepaskan saya dari pit, saya berada dalam jarak yang aman dari Fernando, tetapi kemudian saya harus menginjak rem untuk tidak menabrak kru McLaren yang berlari ke jalur keluar saya," urai Sainz Jr, dikutip dari Racing News 365, Selasa (6/9/2022).

"Pengereman inilah yang menghasilkan unsafe release. Saya frustrasi karena hal itu, karena saya pikir saya telah menyelamatkan nyawa seseorang dan tidak menimbulkan situasi berbahaya,” imbuh pemenang F1 GP Inggris 2022 itu.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1717 seconds [13]