logo
Liga Indonesia | Detail

Mudahnya Gonta-ganti Home Base di Liga Indonesia: Dari Aceh United hingga Persipal Palu

Rifqi Herjoko
Rabu, 06 Juli 2022, 08:15 WIB
Mudahnya Gonta-ganti Home Base di Liga Indonesia: Dari Aceh United hingga Persipal Palu
Babel United yang kini kabarnya berganti menjadi Persipal Palu (Instagram)

JAKARTA – Salah satu kisah unik dari Liga Indonesia adalah kemudahan klub untuk gonta-ganti home base setiap musimnya. Yang terbaru adalah klub Aceh United yang kini berubah nama menjadi Persipal Palu.

Klub tersebut hanyalah satu dari sekian banyak klub domestik yang melakukan hal yang sama. Bahkan, tak jarang klub-klub Liga 1 juga melakukan pergantian home base setiap musimnya.

Aceh United diketahui meraih promosi ke Liga 2 pada tahun 2017. Saat itu, klub tersebut sukses menempati juara ketiga nasional. Assanur Rijal Torres menjadi pemain terbaik Liga 3 kala itu.

Klub yang bermarkas di Stadion Harapan Bangsa itu pun langsung berbenah demi membawa klub secepatnya lolos ke Liga 1. Sejumlah pemain anyar top pun didatangkan, seperti Yongki Ariwibowo dan Syakir Sulaiman.

Ketika itu, klub tersebut dimiliki oleh adik kandung Gubernur Aceh saat itu bernama Zaini Yusuf. Aceh United dan Persiraja Banda Aceh pun menjadi wakil Aceh yang berkiprah di Liga 2 2018.

Sayangnya, Aceh United malah terpuruk saat memasuki babak 8 besar. Sejumlah masalah menerpa klub tersebut, mulai dari pengaturan skor hingga masalah mafia bola. Klub tersebut juga terpengaruh dari penangkapan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, oleh KPK.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2248 seconds [12]