logo
MotoGP | Detail

MotoGP 2023: Honda Ganti Knalpot untuk RC213 Versi Terbaru

Fitradian Dhimas Kurniawan
Jum'at, 13 Januari 2023, 14:35 WIB
MotoGP 2023: Honda Ganti Knalpot untuk RC213 Versi Terbaru
Marc Marquez keluar garasi Repsol Honda (Foto: MPI/Fitradian Dhimas Kurniawan)

AALST - Repsol Honda cukup serius mempersiapkan motor mereka untuk musim 2023. RC213V terbaru kabarnya bakal menggunakan knalpot buatan Akrapovic, mengikuti langkah para rivalnya seperti Ducati dan Yamaha.

Langkah ini diambil demi membuat motor lebih kompetitif. Seperti diketahui, Honda mengalami situasi sulit sepanjang MotoGP 2022 kemarin. Honda bahkan jadi satu-satunya tim pabrikan yang gagal meraih kemenangan musim lalu.

Prestasi terbaik mereka hanya membukukan dua podium saja dari 20 balapan. Antara lain saat Pol Espargaro merebut podium ketiga di MotoGP Qatar, serta Marc Marquez yang mengakhiri MotoGP Australia di peringkat kedua.

Honda sendiri terus bekerja keras dalam mengembangkan motor. Termasuk dalam segi teknis, sehingga mengganti beberapa komponen yang diproduksi oleh pihak ketiga.

Seperti dikabarkan GPOne, Rabu (4/1/2022), terbaru Honda bakal mengganti pemasok knalpotnya. Untuk MotoGp 2023, mereka bakal menggunakan knalpot buatan pabrikan Slovenia, Akrapovic.

Honda memilih untuk tak memperpanjang kontrak dengan produsen Italia, SC-Project. Knalpot Akrapovic bakal menempel di motor Honda RC213V besutan Marc Marquez dan Joan Mir. Langkah ini membuat Honda mengikuti salah satu rival mereka, Ducati. Seperti diketahui, pabrikan asal Italia itu memang merupakan pengguna Akrapovic sejak beberapa tahun ke belakang.

Knalpot merupakan satu dari berbagai komponen yang diganti oleh Honda. Sebelumnya, mereka juga menggunakan swing-arm atau lengan ayun buatan pabrikan sasis Moto2, Kalex. Seluruh komponen baru itu kemungkinan bakal nampak di uji coba pramusim pada 10-12 Februari 2023. Pengetesan tersebut rencananya akan berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.3694 seconds [12]