Balap Lainnya | Detail

MGPA Pastikan Unboxing Motor Peserta ATC dan WSBK Bagian dari Prosedur

Quadiliba Al-Farabi
Kamis, 11 November 2021, 18:43 WIB
MGPA Pastikan <i>Unboxing</i> Motor Peserta ATC dan WSBK Bagian dari Prosedur
MGPA bantah bongkar motor Ducati (Foto: MGPA)

MANDALIKA - Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengklarifikasi perihal pembukaan peti box atau unboxing motor peserta Asia Talent Cup (ATC) dan World Superbike (WSBK) 2021. Pihak MGPA memastikan hal itu sudah menjadi bagian dari prosedur.

Sebelumnya sempat beredar pemberitaan mengenai pembukaan box motor tim Ducati dari peti kargo yang dicurigai melanggar prosedur. Sejumlah media nasional pun disebut kebingungan oleh duduk perkara aksi tersebut.

Masalahnya proses unboxing itu direkam dalam bentuk video oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Orang tersebut disebut tidak mengerti proses itu dan langsung memviralkannya dengan isi berita yang tidak sesuai.

Menurut Direktur Strategis dan Komunikasi MGPA, Happy Harinto, proses itu merupakan bagian dari custom clearance yang justru harus dilakukan. Dengan kata lain, semua barang yang dibawa masuk Dorna ke Indonesia harus melalui pemeriksaan sebelum diizinkan digunakan. 

Pemeriksaan itu pun harus dibuka oleh sang pemilik barang atau forwarder yang mengurus impor/ekspor dengan izin pemilik yaitu Dorna. Pada saat pemerikasan berlangsung, pihak Dorna dan Custom Clearance turut menyaksikan secara langsung. Artinya segala hal yang terjadi sudah sesuai standar operasional prosedur.

“Saya pastikan proses pemeriksaan dilakukan sesuai dengan prosedur,” ucap Happy dalam rilis yang diterima tim MPI, Kamis (11/11/2021) malam.

Pihak MGPA mengaku sangat berhati-hatu dan mengikuti peraturan dengan tertib. Dalam hal ini, pemeriksaan yang dilakukan memastikan bahwa barang masuk ke Indonesia sesuai dengan master list.

Hasil pemeriksaan ini nantinya akan menjadi dasar pemeriksaan atas barang-barang yang akan dibawa keluar dari Indonesia setelah event selesai, apakah sesuai dengan jumlah dan jenis barang yang dibawa masuk.

“Ini event yang sangat penting, yang membawa nama negara ke dunia, karenanya kami berusaha tertib demi melaksanakannya,” tutup Happy.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1135 seconds [13]