logo
F1 | Detail

Meski Didominasi Tim Tertentu, CEO McLaren Sebut F1 2022 Tak Membosankan

Fitradian Dhimas Kurniawan
Kamis, 05 Januari 2023, 23:31 WIB
Meski Didominasi Tim Tertentu, CEO McLaren Sebut F1 2022 Tak Membosankan
CEO McLaren, Zak Brown (FOTO: Formula 1).

WOKING - CEO McLaren Racing Zak Brown, menyebut regulasi baru membuat F1 lebih menyenangkan. Walau hanya tiga tim yang mendominasi, persaingannya tak terasa membosankan.

Pada F1 2022, regulasi baru telah digunakan. Bentuk mobilnya didesain sedemikian rupa agar dapat bersaing lebih baik di lintasan, serta memiliki catatan waktu yang lebih cepat.

Dengan regulasi baru itu, Red Bull Racing menunjukkan dominasi di F1 2022 dengan menjadi juara konstruktor. Tim berbendera Austria itu mengumpulkan 759 poin serta mendapatkan 17 kemenangan dan 28 podium.

Di luar hasil tersebut, tercatat hanya tiga tim yang sering masuk ke podium. Mereka adalah Red Bull, Ferrari dan Mercedes-AMG. Hanya McLaren tim selain tiga besar tersebut yang meraih podium, yakni Lando Norris di GP Emilia Romagna.

Walau demikian, Brown merasa balapannya sama sekali tak terasa membosankan. Dia pun menduga jika hal itu disebabkan regulasi baru yang diterapkan sejak 2022 lalu.

“Saya pikir regulasinya butuh waktu sebelum terbiasa, dan mereka bagus. balapannya berjalan bagus. Walau ini tampak seperti didominasi, musim ini tak terasa membosankan,” kata Brown dikutip Racing News 365, Kamis (5/1/2023).

Brown lalu membandingkan dengan era Michael Schumacher, yang hampir pasti menang. Padahal, jumlah kemenangan Max Verstappen pada 2022 lebih banyak, ketimbang era keemasan Schumacher di awal era 2000-an.

“Jika melihat kembali era dominasi Schumacher, balapannya sudah membosankan sejak awal. Sementara sekarang, semua balapan terasa menyenangkan. Mereka terlihat dan terasa lebih menyenangkan ketimbang hasil di atas kertas,” ujarnya.

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1826 seconds [12]