F1 | Detail

Mercedes Sengaja Korbankan Bottas Start dari Posisi 17 demi Hambat Verstappen

Rio Eristiawan
Minggu, 26 September 2021, 17:35 WIB
Mercedes Sengaja Korbankan Bottas Start dari Posisi 17 demi Hambat Verstappen
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Valtteri Bottas, sengaja dikorbankan untuk mengganggu Max Verstappen (Foto: Reuters/Maxim Shemetov)

SOCHI - Valtteri Bottas bakal memulai balapan F1 GP Rusia 2021, Minggu (26/9/2021) malam WIB, dari posisi 17. Hal tersebut terjadi setelah Tim Mercedes AMG Petronas memutuskan mengganti komponen mesin di mobil miliknya. 

Sebetulnya, Bottas berhasil merebut posisi tujuh pada babak kualifikasi yang berlangsung Sabtu (25/9/2021) malam WIB, di Sirkuit Autodrom Sochi. Akan tetapi, Mercedes kemudian mengganti beberapa komponen mesin yang berbuah penalti mundur 10 posisi start. 

Namun, keputusan Mercedes itu sungguh mencurigakan. Sebab, Bottas baru saja mengganti seluruh komponen mesin pada F1 GP Italia 2021 dua pekan lalu di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza. Akibatnya, sang pembalap start dari posisi paling belakang. 

Dilansir dari laman resmi F1, Minggu (26/9/2021), seorang juru bicara Mercedes mengonfirmasi penggantian mesin itu dimaksudkan untuk kebutuhan taktik dan strategi. The Silver Arrow berharap pembalap asal Finlandia itu bisa menghambat laju Max Verstappen

Seperti diketahui, andalan Red Bull Racing itu bakal memulai balapan dari posisi paling buncit lantaran memakai mesin baru untuk yang keempat kalinya pada F1 2021. Padahal, setiap pembalap hanya dijatah tiga mesin untuk mengarungi satu musim. 

Mercedes sepertinya khawatir Verstappen bakal bisa merangsek ke depan bermodal mesin baru tersebut. Karena itu, mereka sengaja mengganti komponen mesin Bottas hingga sang pembalap start di barisan belakang, tetapi masih di depan Max. 

Verstappen sendiri dipastikan akan start paling belakang sekalipun Bottas terkena penalti dalam jumlah banyak. Sebab, pembalap asal Belanda itu terkena penalti mundur tiga posisi start akibat tabrakan pada F1 GP Italia 2021. 

Menarik untuk dinanti apakah perjudian Mercedes tersebut tepat atau tidak. Yang pasti, balapan F1 GP Rusia 2021 akan semakin seru dengan taktik ganti mesin mobil Bottas. 
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.6830 seconds [12]