Ragam Lainnya | Detail

Menpora Tuntut Atlet Indonesia Bisa Berbahasa Inggris untuk Olimpiade 2024

Basudiwa Supraja
Selasa, 07 Juni 2022, 13:20 WIB
Menpora Tuntut Atlet Indonesia Bisa Berbahasa Inggris untuk Olimpiade 2024
Menpora RI, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, menekankan betapa pentingnya kemampuan berbahasa Inggris kepada para atlet. Hal ini terkhusus ditujukan untuk para penggawa panjat tebing yang baru saja meraih gelar di World Cup International Sport Climbing (IFSC) 2022, Amerika Serikat.

Menurutnya komunikasi bisa menjadi hambatan besar bagi para atlet ketika tampil di ajang internasional. Oleh karena itu dia berharap para pelatih tidak hanya menekankan kemampuan fisik saja, melainkan juga di bidang intelektual.

"Komunikasi akan menjadi hambatan bagi para atlet yang sedang berada di luar negeri. Karena itu, saya minta kepada Ketum FPTI Yenny Wahid dan pelatih untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka (atlet ) pada saat di luar negeri," ujar Amali saat menjamu Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, di kantor Kemenpora, Senin (6/6/2022).

Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (Foto: Istimewa)
Veddriq Leonardo, Kiromal Katibin, dan Rahmad Adi di Piala Dunia Panjat Tebing 2022 (Foto: Istimewa)

Selain itu, Menpora Amali juga mengapresiasi keberhasilan Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin yang mampu mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Veddriq sukses meraih emas di nomor speed putra.

Sebelumnya dia juga menjuarai Piala Dunia Panjat Tebing di Seoul, Korea Selatan, Mei lalu. Adapun Kiromal Katibin mencatatkan rekor dunia dengan waktu 5,10 detik di nomor speed putra pada babak kualifikasi.

Catatan itu adalah kedua kalinya atlet berusia 21 tahun itu menorehkan rekor satu tahun kebelakang. Sebelumnya Kiromal mampu mencatat rekor kecepatan 5,25 detik di Salt Lake City Mei 2021 lalu. Kemudian dia menuliskan waktu 5,17 detik saat berlaga di Seoul tahun ini.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1470 seconds [12]