logo
Basket | Detail

Menpora RI Yakin FIBA World Cup 2023 Sukses meski Timnas Basket Indonesia Absen

Muammar Yahya Herdana
Senin, 25 Juli 2022, 16:32 WIB
Menpora RI Yakin FIBA World Cup 2023 Sukses meski Timnas Basket Indonesia Absen
Menpora RI, Zainudin Amali, berbicara pada laga final FIBA Asia Cup 2022, Minggu (24/7/2022) malam WIB, di Istora Senayan (Foto: MPI/Muammar Yahya Herdana)

JAKARTA - Menpora RI, Zainudin Amali, yakin FIBA World Cup 2023 bakal berlangsung sukses. Keyakinan itu tidak luntur meski Timnas Basket Indonesia yang merupakan daya tarik utama, tidak akan tampil. 

Seperti diketahui, Indonesia akan menjadi salah satu tuan rumah di FIBA World Cup 2023 mendampingi Filipina dan Jepang. Sayangya, Indonesia Patriot dipastikan tidak dapat tampil usai gagal mencapai babak delapan besar FIBA Asia Cup 2022.

Zainudin meyakini kegagalan tim asuhan Milos Pejic tersebut tidak akan membuat para pencinta basket di Indonesia enggan menyaksikan FIBA World Cup 2023 secara langsung. Dia justru meyakini kegagalan itu akan menjadi pemicu tim basket Indonesia untuk terus berkembang.

“Meski timnas kita tidak main, itu tidak akan masalah. Meski kita tidak bisa bertanding, saya yakin itu akan menjadi trigger bagi tim
basket kita,” ungkap Zainudin kepada awak media, Senin (25/7/2022).

“Saya percaya masyarakat bakal tergerak untuk menjadi saksi di World Cup nanti,” imbuh pria asal Gorontalo itu.

Kendati gagal mencapai target lolos ke FIBA World Cup 2023, Menpora Amali tetap bangga dengan perkembangan basket Indonesia. Dia yakin pengalaman berharga di FIBA Asia Cup 2022 akan menjadi pembelajaran penting.

“Saya kira yang sudah ditunjukkan timnas kita sudah luar biasa. Tapi, kita lihat sendiri kemampuan lawan di sini sangat luar biasa,” lanjut Zainudin. 

"Tapi bagi kami itu hal yang menjadi catatan untuk perbaikan ke depan. Basket kita ini sedang bertumbuh sehingga pemain yang sekarang kami punya harapan,” pungkasnya. 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1632 seconds [13]