logo
Ragam Lainnya | Detail

Menpora Resmi Perkenalkan Logo, Maskot, dan Sistem IT POMNas XVII Sumbar

Tim Sportstars
Jum'at, 26 Agustus 2022, 18:33 WIB
Menpora Resmi Perkenalkan Logo, Maskot, dan Sistem IT POMNas XVII Sumbar
Menpora Zainudin Amali, resmi memperkenalkan Logo, Maskot, dan Sistem IT Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII (Foto: Kemenpora)

PADANG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia,  Zainudin Amali, resmi memperkenalkan Logo, Maskot, dan Sistem IT Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII. Acara tersebut berlangsung di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Kamis (25/8/2022).

Acara tersebut juga ditandai dengan penekanan tombol launching bersamaan dengan parade logo dan Maskot yang diberi nama 'Binuang'. Penekanan tombol ini dilakukan secara bersama-sama antara Menpora, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri. Ph. D, Anggota DPR RI Dapil Sumbar, John Kenedy Azis, dan Ketua BAPOMI, Drs. Hendra Syarifuddin. 

Menpora mengatakan bahwa Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) memiliki status yang sama dengan Pekan Olahraga Nasional (PON) ataupun Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNas). Bedanya, POMNas dan POPNas pesertanya dari mahasiswa dan pelajar. Sementara PON diikuti oleh atlet secara umum. 

"Kalau Sumatera Barat berharap menjadi tuan rumah PON. Kira-kira baru dapat giliran 120 tahun yang akan datang. Karena PON itu setiap 4 tahun sekali. Sementara jumlah provinsi di Indonesia ada 34. Belum lagi  ditambah 3 provinsi baru dari Papua. Jadi 120 tahun baru dapat giliran, apalagi 2024 tuan rumahnya Sumatera Utara dan Aceh. Sehingga akan jauh gilirannya di Sumatera," ujar Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Jumat (26/8/2022).

Menpora menilai terpilihnya Sumbar sebagai tuan rumah POMNas XVII harus disyukuri dan menjadi kebanggaan bagi warga di Tanah Minang. Pasalnya selain menjadi tuan rumah satu pekan olahraga, kesempatan ini dapat melahirkan beberapa dampak yang baik untuk perekonomian daerah. 

Menpora RI, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)
Menpora RI, Zainudin Amali (Foto: Kemenpora)

"Paling tidak pertumbuhan ekonomi daerah akan tergerek dengan pelaksanaan event, apakah itu single event ataupun multi event," katanya. 

Berdasarkan laporan Wakil Gubernur Sumbar, POMNas XVII nantinya diperkirakan akan dihadiri 10 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Menurut Menpora Amali, jumlah tersebut dipastikan tidak dapat ditampung oleh hotel-hotel yang ada di Padang dan sekitarnya. Maka, perumahan warga akan dimanfaatkan oleh peserta yang datang untuk disewa. Hal ini pun terjadi saat kegiatan PON XX Papua 2021 lalu. 

"Sebab yang datang bukan hanya yang terdata, 8000 ribu ditambah 2000 an itu, pasti juga ada rombongan pendampingnya. Saya perkirakan ini bisa diatas 15 ribu orang yang akan datang ke Padang dan disekitarnya," katanya. 

Dengan Demikian, Menpora Amali meminta agar peluang tersebut dikelola dengan baik dan masyarakat Sumatera Barat harus bisa menunjukan menjadi tuan rumah yang baik. 

"Hospitality harus ditunjukan bahwa Sumatera Barat punya kemampuan yang baik untuk menerima tamu dan kita kenal Sumatera Barat ini punya karakter yang ramah, menghormati tamu, dan memberi pelayanan yang luar biasa. Jadi saya berharap POMNas yang akan datang akan membawa kesan yang bagus bagi yang datang. Sebab kalau mereka bisa cerita yang enaknya di Sumbar maka pasti yang lain akan datang," harapnya.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1642 seconds [13]