logo
Tim Nasional | Detail

Menpora Pastikan 6 Stadion Piala Dunia U-20 Sudah Standar FIFA

Rio Eristiawan
Kamis, 26 Januari 2023, 05:00 WIB
Menpora Pastikan 6 Stadion Piala Dunia U-20 Sudah Standar FIFA
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (Foto: MPI/Raka Noviato)

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan enam stadion Piala Dunia U-20 2023 sudah standar FIFA. Ia menjelaskan FIFA sudah melakukan pemeriksaan dan tak mendapatkan masalah untuk venue ajang tersebut.

Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yang akan dilaksanakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang. Sebanyak 24 tim terbaik di dunia bakal mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk meraih gelar tersebut.

Sementara enam stadion bakal digunakan untuk mendukung kesuksesan Piala Dunia U-20. Keenam Stadion tersebut adalah Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Zainudin Amali menjelaskan FIFA sudah menentukan stadion mana yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20. Ia menjelaskan enam stadion serta empat stadion latihan sudah standar FIFA, sehingga tak ada masalah lagi untuk menggelar ajang tersebut.

“Ya, enam stadion yang sudah diputuskan oleh FIFA dan empat stadion latihan itu semuanya sudah standar FIFA, tiada masalah," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers dalam tema Terkait Ratas Kegiatan Olahraga Nasional dan Internasional di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/1/2023).

Sementara Zainudin Amali menjelaskan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta meningkatkan standar keamanan stadion Indonesia untuk digunakan dalam ajang dalam negeri. Ia memastikan enam stadion untuk Piala Dunia U-20 semuanya sudah berstandar FIFA.

"Jadi, yang dimaksud oleh presiden setelah tragedi kanjuruhan itu adalah untuk kompetisi (sepak bola lokal) bukan untuk Piala Dunia U-20. Karena Pildun pasti standarnya FIFA, jadi semuanya sudah under control. Saya pastikan bahwa enam stadion,” ucapnya.

“Itu sudah tidak masalah. Yang dimaksud presiden itu adalah tempat kompetisi (sepak bola lokal). Jadi gaada masalah,” jelasnya.

Sebelumnya Joko Widodo meminta Stadion Kanjuruhan, Malang robohkan dan akan dibangun ulang dengan standar FIFA. Hal tersebut tak lepas dari tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 135 orang.

Editor : Furqon Al Fauzi

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1875 seconds [12]