Tim Nasional | Detail

Menpora Hanya Terima Usulan Naturalisasi dari PSSI Bukan Klub

Basudiwa Supraja
Kamis, 18 November 2021, 19:37 WIB
Menpora Hanya Terima Usulan Naturalisasi dari PSSI Bukan Klub
Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali (Foto: PSSI)

JAKARTA - Menpora RI, Zainudin Amali, hanya mau menerima usulan pemain yang akan dinaturalisasi dari pihak PSSI. Dia tidak mau mengulang kesalahan lagi dengan mengiyakan usulan dari klub-klub. 

Hal itu disampaikan Amali dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (18/11/2021). Menpora Zainudin Amali mencoba menjawab pertanyaan soal kehadiran pemain naturalisasi di tubuh Timnas Indonesia

“Terkait naturalisasi, proses usulan harus dari PSSI dan jangan dari klub. Saya tidak akan menerima usulan lain dari klub dan hanya menerima dari sebuah federasi (PSSI)," tegas Amali. 

Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers  (Instagram)
Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers (Instagram)

Sikap itu diambil lantaran usulan dari klub tak bisa dipegang dengan pasti. Berbeda halnya dengan usulan dari PSSI karena Menpora bisa menagih pertangunggjawaban. 

"Kalau dari klub kita tidak dapat dengan jelas mempertanggungjawabkan usulan tersebut. Kalau PSSI kita bisa jelas tahu asalnya,” tambah Menpora. 

Selain itu, Menpora juga menginginkan pemain yang dinaturalisasi nantinya punya masa aktif yang panjang. Dia tidak mau pemain tersebut hanya sekadar numpang lewat. Begitu juga soal asal usul yang harus jelas. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5854 seconds [12]