logo
Tim Nasional | Detail

Menpora Dukung Penuh Rencana Timnas Indonesia U-16 TC di Eropa

Ilham Sigit Pratama
Sabtu, 13 Agustus 2022, 22:06 WIB
Menpora Dukung Penuh Rencana Timnas Indonesia U-16 TC di Eropa
Timnas Indonesia U-16 saat berhadapan dengan Vietnam U-16 di final Piala AFF U-16 2022 (PSSI)

SLEMAN - Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan mengisyaratkan bahwa Timnas Indonesia U-16 akan menjalani TC di Eropa. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali pun mendukung penuh rencana tersebut.

PSSI berdiskusi dengan Menpora Amali soal kemungkinan Timnas Indonesia U-16 menjalani TC di Eropa. TC tersebut digelar dalam rangka persiapan menuju Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 mendatang.

Menpora Amali kemudian mendukung penuh hal tersebut. Menurutnya, memajukan Timnas Indonesia level junior sejalan dengan Inpres Nomor 3 tentang Percepatan Sepak Bola Nasional.

“Tentang TC luar negeri ini kan jangka panjang, untuk sepak bola kan ada inpres no 3 tahun 2019 jadi kita akan jalankan itu dari usia dini,” kata Menpora Amali kepada awak media, dikutip pada Sabtu (13/8/2022).

Menpora Amali pun berharap agar rencana TC di luar negeri berjalan lancar. Dirinya pun meminta dukungan dari berbagai pihak karena memajukan sepak bola nasional adalah instruksi langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo.

“Kemudian untuk U-16 hingga nanti kita koordinasi dengan PSSI, dan mudah-mudahan dukungan dari berbagai pihak akan diberikan karena ini kita menjalankan instruksi Presiden,” pungkas Amali.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, lawan Timnas Indonesia U-16 di final Piala AFF U-16 2022, Vietnam U-16 menjalani TC di Jerman. Tak tanggung-tanggung, tim berjuluk Young Golden Star Warriors itu beruji coba dengan klub elit Eropa, Borussia Dortmund U-17.

Timnas Indonesia U-16 memang berhasil keluar sebagai juara berbekal TC di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Namun TC di luar negeri tentu dibutuhkan mengingat level di Kualifikasi Piala Asia U-17 2022 pastinya berbedan dan bisa saja lebih sulit.

Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup B pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Lawan yang akan dihadapi Kafiatur Rizky dan kawan-kawan adalah Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2528 seconds [13]