Tim Nasional | Detail

Menimbang Peluang Spasojevic Gabung Timnas Indonesia, Kadek Agung atau Yabes Roni Dicoret?

Furqon Al Fauzi
Jum'at, 26 November 2021, 10:39 WIB
Menimbang Peluang Spasojevic Gabung Timnas Indonesia, Kadek Agung atau Yabes Roni Dicoret?
Ilija Spasojevic merayakan golnya ke gawang Persela Lamongan untuk membawa Bali United menang 2-1 (Foto: Twitter/@Liga1Match)

JAKARTA - Tak perlu dipungkiri lagi, ujung tombak Timnas Indonesia masih menjadi PR bagi pelatih Shin Tae-yong jelang tampil di Piala AFF 2020. Sejumlah striker silih berganti dipanggil namun belum ada tanda-tanda perbaikan. 

Ezra Walian sedikit memberikan angin segar. Namun striker asal Persib Bandung tersebut mengakhiri paceklik gol striker timnas Indonesia hanya lewat titik penalti. Pada kompetisi Liga 1 2021-2022 ada satu striker "lokal berbau asing" yang tengah garang-garangnya. Ya siapa lagi kalau bukan Ilija Spasojevic.

Stiker naturalisasi berdarah Montenegro tersebut sudah lebih dari cukup membuktikan diri untuk bisa dipanggil lagi ke timnas Indonesia. Spaso bertengger gagah dalam daftar pencetak gol terbanyak sementara Liga 1 musim ini bersama striker Persik Kediri Youssef Ezzejjari.

Spaso sudah mengemas 10 gol di antaranya ke gawang tim-tim besar seperti Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan terbaru Persija Jakarta. Bicara pengalaman di timnas, Spaso juga tak perlu diragukan. Dia sudah mengemas 5 caps bersama Skuad Garuda dengan mencetak empat gol.  Spaso terakhir kali membela Garuda ketika Timnas masih dinakhodai pelatih asal Inggris, Simon McMenemy pada 2019.

"Tentu saja saya sangat bangga kalau bisa membela timnas selalu, tapi saya tidak mau banyak bicara karena pemanggilan pemain itu hak pelatih," kata Spaso saat konferensi pers usai laga melawan Persela, pekan lalu.

Meski sudah berumur (34 tahun) Spaso bisa menjadi jawaban tumpulnya lini depan Timnas Indonesia. Satu masalah yang mungkin menghalangi Spaso kembali memperkuat Timnas Indonesia adalah karakter permainannya. Spaso cenderung bertipikal striker Target Man dimana fungsi utamanya adalah mencetak gol. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3122 seconds [13]