Tim Nasional | Detail

Mengenang Momen Shin Tae-yong Melawan Timnas Indonesia di Piala Asia 1996

Tim Litbang
Selasa, 21 Juni 2022, 18:03 WIB
Mengenang Momen Shin Tae-yong Melawan Timnas Indonesia di Piala Asia 1996
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

TIMNAS Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, salah satunya berkat tangan dingin pelatih Shin Tae-yong. Siapa sangka, pelatih Timnas Indonesia ini justru pernah menjadi lawan Skuad Garuda di Piala Asia 1996 yang berlangsung di Uni Emirat Arab (UEA). 

Pada saat itu, Timnas Indonesia baru pertama kali alias debut di kancah Piala Asia. Timnas Indonesia yang dilatih oleh Danurwindo tergabung di Grup A bersama Kuwait, Korea Selatan, dan UEA. 

Pada pertandingan pertama melawan Kuwait, Timnas Indonesia tampil mengejutkan dengan mampu mendapat hasil imbang 2-2.
Sementara itu, Korea Selatan menghadapi UEA dan sama-sama mendapatkan hasil imbang 1-1. 

Karena itu, Indonesia dan Korea Selatan bertanding demi mendapatkan kemenangan untuk lolos ke perempat final Piala Asia 1996. Namun, harapan Indonesia sirna dan harus menerima kekalahan dengan skor 2-4 atas Korea Selatan.

Dua gol Timnas Indonesia dicetak oleh Ronny Wabia dan Widodo Cahyono Putro. Saat itu Korsel bahkan sempat unggul 4-0 terlebih dahulu.  Korea Selatan, yang sebelumnya sudah dua kali menjadi juara Piala Asia, menurunkan pemain-pemain andalannya, salah satunya Shin Tae-yong. 

Pada menit ke-33, Shin Tae-yong masuk lapangan sebagai pengganti rekannya, Roh Sang-rae. Saat Shin Tae-yong turun main, Korea Selatan sudah unggul dari Indonesia dengan skor 3-0. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1325 seconds [12]