Tim Nasional | Detail

Mengenang Kardono, Ketum PSSI Otak di Balik Bangkitnya Gelar Macan Asia Timnas Indonesia

Andhika Khoirul Huda
Rabu, 12 Januari 2022, 08:25 WIB
Mengenang Kardono, Ketum PSSI Otak di Balik Bangkitnya Gelar Macan Asia Timnas Indonesia
Timnas Indonesia SEA Games 1991 (Foto: Istimewa)

PENCINTA sepak bola Tanah Air tentu mengetahui bahwa Timnas Indonesia pernah dijuluki sebagai Macan Asia. Julukan tersebut didapat karena kekuatan Tim Merah Putih yang cukup ditakuti di Benua Asia beberapa dekade lalu.

Kendati demikian, sebenarnya tidak diketahui secara detail dari siapa julukan itu diberikan. Hanya saja satu hal yang pasti, julukan Macan Asia itu mulai muncul pada pagelaran Asian Games 1954 yang dihelat di Manila, Filipina.

Saat itu, Timnas Indonesia dinakhodai oleh pelatih asal Yugoslavia, Toni Pogacnik. Ketika itu Yugoslavia sendiri merupakan salah satu kekuatan sepak bola yang disegani di dunia. Alhasil, Pogacnik berhasil memberikan prestasi yang membanggakan pada Asian Games 1954 tersebut.

Pada fase grup, Indonesia mengalahkan sang juara bertahan India 3-0 dan tim kuat lainnya yakni, Jepang, dengan skor 5-3. Kemudian mereka terus melaju hingga babak semifinal sebelum akhirnya ditumbangkan oleh China 2-4.

Atas kesuksesan menumbangkan juara bertahan dan melangkah hingga babak semifinal Asian Games itulah yang membuat Indonesia dijuluki Macan Asia. Kemudian, prestasi apik itu terus berlanjut hingga pasukan Garuda berhasil menembus perempat final Olimpiade 1956, ketika langkah mereka terhenti oleh Timnas Russia yang kala itu diperkuat oleh sang kiper legendaris, Lev Yashin.

Selanjutnya pada Asian Games 1958 di Tokyo, Jepang, Pogacnik membawa Indonesia melangkah lebih jauh. Dia sukses mengantarkan Skuad Garuda menyabet medali perunggu yang menjadi prestasi tertinggi sepak bola Indonesia di pesta olahraga terbesar di Asia itu hingga kini.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1117 seconds [13]