Liga Indonesia | Detail

Mengenang Derby Ibu Kota, Persija vs Persitara Paling Panas

Furqon Al Fauzi
Rabu, 22 Juni 2022, 13:00 WIB
Mengenang Derby Ibu Kota, Persija vs Persitara Paling Panas
Persija Jakarta (Foto: Persija.id)

JAKARTA - Hari ini, 22 Juni 2022, DKI Jakarta berulang tahun yang ke-495. Menarik untuk diketahui perkembangan sepak bola Jakarta dari masa ke masa. Terutama laga-laga derby Ibu Kota yang sempat terjadi sejak era Liga Indonesia dimulai pada 1994. Sejauh ini, duel Persija Jakarta versus Persitara Jakarta Utara masih dikenal yang paling panas.

Sementara pada periode Liga 1 sejak 2017, derbi ibu kota disematkan untuk duel Persija versus Bhayangkara FC. Hanya saja tensinya nyaris tak bergema. Sebelum itu, Persija sudah punya rival satu kota yang sempat mewarnai persepak bolaan Jakarta. Pada era awal 2000 ada Persijatim Jakarta Timur sebagai rival.

Namun, rivalitas kedua tim tak berlangsung lama. Pasalnya pada 2002 Persijatim pindah ke Solo menjadi Persijatim Solo FC.
Dua tahun berselang, Persijatim diakuisisi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan dan lantas berganti nama lagi menjadi Sriwijaya FC.

Satu garis linier yang sama, pertemuan Persija versus Persijatim serta Bhayangkara FC tak menghadirkan persaingan rivalitas yang sangat keras. Karenanya, derbi ibu kota terpanas yang dikenal adalah ketika Persija berebut atensi warga Jakarta dengan Persitara. Persaingan ini kerap dianggap bumi dan langit.

Persija sebagai tim bertabur prestasi sejak berdiri mendapatkan dukungan penuh dari Pemprov DKI, sedang Persitara tak mendapat banyak dukungan dari Pemprov. Meski kerap dicap sebagai anak tiri Pemprov DKI Jakarta, Persitara memiliki basis dukungan suporter yang cukup banyak dan bahkan militan.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1356 seconds [13]