Tim Nasional | Detail

Mengenal Weight Training, Kelemahan Pemain Indonesia yang Disebut Shin Tae-yong

Basudiwa Supraja
Rabu, 12 Januari 2022, 13:26 WIB
Mengenal Weight Training, Kelemahan Pemain Indonesia yang Disebut Shin Tae-yong
Kerja Keras, Fisik Pemain Timnas Indonesia Digenjot

PELATIH Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan tiga keburukan pemain Indonesia. Salah satunya adalah kurang memahami tentang pentingnya Weight Training, olahraga atau latihan yang menggunakan alat beban. Sejatinya selain harus memiliki stamina dan teknik yang mumpuni, kekuatan power badan juga menjadi satu kewajiban yang harus dimiliki bagi setiap pesepak bola. Pasalnya dalam sebuah permainan sepak bola kontak fisik kerap tak terhindarkan.

Memiliki kecepatan saja tidak cukup untuk menjadi kekuatan utama untuk bersaing di kancah sepak bola internasional. Body balance juga perlu ditingkatkan agar bisa konsisten tampil prima di dalam pertandingan.

Itulah yang kerap kali menjadi salah satu kelemahan terbesar bagi para pemain Timnas Indonesia. Tak heran jika Skuad Garuda kerap kali sulit memenangkan laga melawan tim dari negara Eropa. Selain postur tubuh yang jauh berbeda, Indonesia juga lemah dalam adu fisik. Setidaknya itu yang dibeberkan Shin Tae-yong beberapa waktu lalu dalam wawancaranya bersama Youtuber Deddy Corbuzier.

Melihat Pola Latihan Unik Ala Shin Tae-yong Jelang Lawan Asutralia

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu pun menekankan pentingnya pola latihan Weight Training kepada para penggawa Timnas Indonesia. Uniknya sejak kedatangannya ke Indonesia para pemain justru tidak mengetahui pola latihan tersebut.

“Saat saya baru datang, banyak pemain Indonesia tidak tahu soal weight training,” ungkapnya dalam Podcast Close The Door di Kanal Youtube Deddy Corbuzier, Selasa (11/1/2022).

Istilah Weight Training sejatinya tidak asing bagi para pecinta olahraga. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, istilah tersebut bermakna latihan beban. Pada dasarnya latihan ini sangat umum di Indonesia. Bentuk latihan tersebut tidak lain adalah mengangkat beban seperti barbel dan peralatan gym lainnya.

Menurut True Fitness, fungsi latihan itu adalah untuk menciptakan tekanan pada otot yang bertujuan agar diaktifkan untuk lebih kuat. Beban yang diangkat pun harus bertahap dan ada teknik tertentu yang perlu diterapkan. Pasalnya itu akan berdampak cedera jika salah dalam melakukan gerakan atau menggunakan beban berlebih. Weigth Training harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak boleh terburu-buru.

Seperti yang dilansir dari Halodoc, Weight Training juga dapat membentuk tubuh secara ideal dan menurunkan berat badan. Hasil dari latihan tersebut juga dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Hal ini yang menjadi senjata dalam pertandingan sepak bola. Tak heran jika Shin Tae-yong sangat menekankan latihan tersebut untuk Skuad Garuda.

Kerja Keras, Fisik Pemain Timnas Indonesia Digenjot


 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1184 seconds [12]