Ragam Lainnya | Detail

Mengenal Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja Internasional Lengkap

Tim Sportstars
Kamis, 13 Januari 2022, 15:08 WIB
Mengenal Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja Internasional Lengkap
Sejarah induk organisasi tenis meja internasional dimulai dari Inggris. (Foto: Reuters)

MENGENAL sejarah induk organisasi tenis meja internasional memang perlu diketahui. Tenis meja atau yang kerap disebut sebagai ping pong adalah permainan yang mirip dengan tenis lapangan. Perbedaan antara keduanya terletak pada media yang digunakan. 

Tenis meja dilakukan di atas meja datar dan dibagi menjadi 2 sisi dengan jaring di tengahnya. Adanya jaring bertujuan agar pemain bisa memukul bola hingga melewati net dan memantul di bagian meja lawan. 

Permainan tenis meja sangat populer di dunia, terutama benua Eropa dan Asia. Ajang kompetisi tenis meja merupakan pertandingan kompetitif bagi kedua benua tersebut, terlebih di China dan Jepang. 

Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja Internasional

Tenis meja pertama kali ditemukan di Inggris pada awal abad ke-20 dan disebut sebagai ping pong. Berkat popularitas tenis meja di Eropa, hadir 2 organisasi yaitu Table Tennis Association dan Ping Pong Association pada tahun 1901.  

Permainan tenis meja terus berkembang ke berbagai belahan dunia. Sejarah induk organisasi tenis meja secara resmi diawali pada tahun 1926 di Berlin. Induk organisasi tenis meja internasional adalah International Table Tennis Federation (ITTF). 

Logo tenis meja

Pada tanggal 16 Januari 1926, terdapat anggota ITTF yang terdiri dari negara asosiasi tenis meja seperti Inggris, Austria, Jerman dan Hungaria. Ivor Montagu terpilih menjadi presiden pertama untuk organisasi tenis meja internasional, yaitu ITTF. 

Kemudian dalam beberapa hari, konstitusi mengenai peraturan tenis meja disahkan. Adanya aturan mengenai permainan tenis meja bertujuan untuk mengatur kompetisi Internasional. 

Austria, Chezh, Inggris, Jerman, Hungaria, India, Swedia dan Wales secara resmi bergabung menjadi bagian ITTF. Kompetisi tenis meja pertama kali dilaksanakan di London pada 6-11 Desember 1926. Kompetisi ini mulai menyebar ke negara bagian di Eropa pada tahun 1939. 

Pada pertengahan 1950, Asia mulai bergabung untuk mengikuti ajang kompetisi tenis meja. Pada kompetisi ini, benua Asia telah didominasi oleh atlet asal Cina. Popularitas permainan tenis meja di China dikenal sebagai “diplomasi ping pong”. 

Permainan tenis meja dilakukan dengan cara memukul bola. Dalam permainan ini terdapat berbagai macam jenis pukulan, yaitu push, block, lob, drive, loop, flick, smash, chop dan serve. 

Sejarah Induk Organisasi Tenis Meja Di Indonesia

Induk organisasi tenis meja di Indonesia adalah Persatuan Tenis Meja Seluruh indonesia (PTMSI). Organisasi ini merupakan badan yang mengatur kegiatan olahraga tenis meja. Permainan tenis meja di Indonesia, didirikan pada tahun 1939 dengan nama Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia (PPPSI). Namun, pada tahun 1958 berganti nama menjadi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). PB PTMSI saat ini diketuai oleh Peter Layardi Lay. (haya aulia)


 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1232 seconds [12]