logo
Fighting | Detail

Mengenal PSHT Jelang Peringatan 100 Tahun Salah Satu Perguruan Bela Diri Terbesar

Tim Sportstars
Kamis, 11 Agustus 2022, 22:45 WIB
Mengenal PSHT Jelang Peringatan 100 Tahun Salah Satu Perguruan Bela Diri Terbesar
PSHT menggelar beberapa kegiatan ulang tahun 1 abad (Foto: PSHT)

JAKARTA - Menjadi salah satu perguruan bela diri tertua di Indonesia membuat banyak yang ingin mengenal PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate). PSHT adalah organisasi atau perguruan dari cabang olahraga pencak silat terkenal dan terbesar di Indonesia.

Olahraga pencak silat termasuk seni olahraga bela diri tradisional khas Indonesia, dan menjadi olahraga tradisional populer di Indonesia. Di dalam olahraga pencak silat tidak hanya belajar kesehatan fisik saja, tapi juga juga melatih berpikir secara positif yang berguna untuk kesehatan mental. Tujuannya menjernihkan akal serta pikiran dan mengembangkan ilmu seni bela secara tulus. 

Sejarah PSHT

PSHT didirikan seorang pahlawan Perintis Kemerdekaan RI Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 di Madiun, Jawa Timur. Nama pertama yang digunakan adalah Setia Hati Pemuda Sport Club (SH PSC) sebelum akhirnya berubah menjadi PSHT dalam kongres yang digelar pada 25 Maret 1951. 

Tokoh-tokoh yang membantu membesarkan PSHT sekaligus menjadi guru dari pencak silat PSHT di antaranya RM. Soetomo Mangkudjojo, Santoso Kartoatmodjo,Irsyad, RM Imam Koesoepangat, dan KRT Tarmadji Budi Harsono. Saat ini PSHT menjadi salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia dan menyebar ke beberapa ke negara lain seperti Malaysia, Belanda, Russia, Timor Leste, Hong Kong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, dan Prancis.

logo psht

Acara Satu Abad PSHT 

Tahun ini PSHT memasuki usia 100 tahun, tepatnya pada 2 September 2022 mendatang. Mereka akan menggelar hajatan besar dengan mengambil lokasi hajatan di Graha Krida Budaya yang merupakan Padepokan Agung Persaudaraan Setia Hati Terate, Madiun sebagai kota kelahiran PSHT.

Acara kegiatan dibagi berdasarkan divisi yang ada antara lain: 

  • Bidang teknik kejuaraan memiliki rangkaian acara kejuaraan Krida Internasional 2022, Festival Pencak Silat Internasional 2022, Atraksi Kolosal Pencak Silat.
  • Bidang organisasi diantaranya agenda sayembara, penilaian kerja, kirab budaya nusantara. Bidang kerohanian meliputi doa dan pengajian bersama. 
  • Lalu untuk pengabdian masyarakat PSHT melakukan acara donor darah,khitanan massal, santunan anak yatim dan janda, panggung budaya, pagelaran wayang kulit.
  • Untuk acara upacara khusus melakukan upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan upacara peringatan 100 tahun PSHT. (Adi Sekararum Destiani)

  
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1632 seconds [12]