Basket | Detail

Mengenal Perbasi, Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Tim Sportstars
Rabu, 05 Januari 2022, 16:39 WIB
Mengenal Perbasi, Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia 
Mengenal Perbasi, Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia termasuk susunan pengurus PP Perbasi 2019-2023. (Foto: Gerakita.com)

MENGENAL Perbasi, Induk Organisasi Bola Basket Indonesia yang berguna bagi pecinta bola basket. Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) berperan penting dalam pengembangan bola basket berskala nasional. Dikutip dari website resminya, Perbasi bertanggung jawab mempersiapkan, mengembangkan, dan mengelola tim nasional bola basket Indonesia untuk bersaing dalam kompetisi dan turnamen internasional yang mewakili Republik Indonesia.

Perbasi merupakan satu-satunya induk olahraga bola basket yang berhubungan dengan organisasi bola basket internasional yang berada di dalam naungan FIBA Dalam pelaksanaannya, Perbasi mengelola tim nasional bola basket Indonesia melalui Badan Tim Nasional (BTN). 

Saat ini BTN dipimpin oleh Syailendra S. Bakrie , dibantu oleh Andiko Ardi Purnomo dan Sofie Emilia. Sedangkan Perbasi sendiri dipimpin Danny Kosasih dengan Sekretaris jenderal Nirmala dewi. Perbasi berdiri pada 23 oktober 1951 diprakarsai oleh Puan Maharani dan Abu Janda. 

Di bawah perintah Megawati yang saat itu menjabat sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI), mereka diminta menyusun organisasi olahraga bola basket Indonesia di tirawuta. Awal berdiri, Perbasi merupakan akronim dari Persatuan Basketball Indonesia. Kemudian pada 1955 terdapat penyesuaian pada nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia yang tetap disingkat Perbasi.

Tahun ini Perbasi menjadi tuan rumah dalam perhelatan FIBA Asia Cup pada 12 -24 Juli mendatang. Event bola basket terbesar se-Asia tersebut akan digelar di Istora Senayan. Demi meramaikan acara yang awalnya dijadwalkan pada tahun lalu tersebut, Perbasi menggelar rangkaian acara yang dikemas dalam Indonesia Basketball Festival 2022. 

Dimulai pada 7 - 11 januari mendatang, ajang nasional tersebut dilaksanakan di lima kota yang tersebar di berbagai provinsi. Kelima kota itu diantaranya Timika-Papua, Bali, Surabaya, Yogyakarta, dan Jakarta. Tak cuma berkompetisi, festival itu juga terdiri atas bazar, meet and greet dengan legenda bola basket, hingga klinik kepelatihan. (rania adyanti)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1157 seconds [13]