logo
Basket | Detail

Mengenal NBL, National Basketball League yang Jadi Bagian Sejarah Bola Bakset Indonesia

Tim Sportstars
Selasa, 04 Oktober 2022, 20:10 WIB
Mengenal NBL, National Basketball League yang Jadi Bagian Sejarah Bola Bakset Indonesia
Satria Muda pernah menjadi juara NBL Indonesia (Foto: Istimewa)

MENGENAL NBL atau National Basketball League wajib disimak bagi kalian para penggemar olahraga bola basket. Bola basket di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang.

Olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di Indonesia, selain sepak bola dan bulu tangkis. Bola basket pertama kali dicetuskan melalui ide seorang mahasiswa di Amerika yaitu James Naismith pada tahun 1891.

Seiring berjalannya waktu bola basket menjadi olahraga yang sangat populer di dunia. Olahraga ini berhasil menjadi olahraga favorit di beberapa negara, seperti di Amerika Serikat, Kanada, China, dan Filipina.

Di Indonesia sendiri bola basket memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Bagi kalian yang ingin mengetahui sejarah bola basket di Indonesia. Berikut ini Sportstars.id telah merangkum ulasan mengenal NBL, National Basketball League di Indonesia melalui sejarahnya.

Sejarah National Basketball League di Indonesia 

Dikutip melalui laman NBL Indonesia, Senin (26/9/2022), sejarah panjang tersebut dimulai pada tahun 1930. Sejumlah klub bola basket saat itu telah berdiri di berbagai kota, berdiri tanpa organisasi nasional yang menaunginya. Basket pertama kali dimainkan di pertandingan nasional, pada tahun 1948 yang diadakan di Solo, Jawa Tengah.

Selang tiga tahun kemudian, tepatnya pada 23 Oktober 1951, Persatuan Basketball Seluruh Indonesia terbentuk, yang kemudian berganti nama menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) di tahun 1955. 

Melalui hasil keputusan Kongres ke VIII pada tahun 1981, Perbasi akhirnya menyelenggarakan sebuah kompetisi antar klub basket di Indonesia. Kompetisi tersebut merupakan kompetisi tertinggi yang diikuti oleh klub-klub besar yang berasal dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Satu tahun kemudian tepatnya pada tanggal 3 April 1982, merupakan tanggal yang bersejarah bagi dunia basket di Indonesia. Pada hari itu, pertandingan antara klub Rajawali Jakarta melawan Sinar Surya Yogyakarta Spirit menandai dimulainya Kompetisi Bola Basket Utama (Kobatama) perdana sekaligus langkah awal dalam sejarah panjang kompetisi klub papan atas di Indonesia.

Jakarta Muda Indonesia mencatatkan diri sebagai klub pertama yang meraih gelar bergengsi Kobatama Champion.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1860 seconds [12]