logo
Hobi | Detail

Mengenal Hiit Cardio: Pengertian, Gerakan, dan Manfaatnya

Wikku D. Nugroho
Kamis, 21 Juli 2022, 07:22 WIB
Mengenal Hiit Cardio: Pengertian, Gerakan, dan Manfaatnya
Gerakan push up kerap dilakukan untuk kebutuhan hiit cardio (Foto: Unsplash).

JAKARTA-Masih banyak yang belum mengenal hiit cardio di Indonesia. Sementara olahraga sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat. Banyak juga dari mereka yang mencoba olahraga hiit cardio.

Contoh gerakan hiit cardio yang populer seperti push up, sit up, lunges dan lain-lain. Olahraga hiit cardio ini juga dapat menurunkan berat badan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan mengenai mengenal hiit cardio yang telah dirangkum Sportstars dari berbagai sumber kesehatan terpercaya. 

Mengenal Hiit Cardio

1. Pengertian Hiit Cardio

Hiit atau high intensity interval training merupakan latihan interval menggunakan intensitas tinggi yang berdurasi waktu pendek. Latihan hiit cardio ini biasanya dilakukan dengan durasi waktu 10 hingga 30 menit.

Untuk hasil yang lebih baik, coba untuk merutinkan olahraga hiit cardio ini sebanyak 3 hingga 5 kali per minggu. Latihan hiit cardio ini dapat membakar kalori lebih banyak dibandingkan olahraga lainnya. 

2. Gerakan Hiit Cardio

Beberapa gerakan hiit cardio yang bisa dilakukan dengan mandiri di rumah antara lain, push up, sit up, jumping jacks, plank, lunges dan beberapa gerakan lainnya.

3. Manfaat Hiit Cardio

Berikut ini manfaat dari hiit cardio.

  • Membakar Lemak

Salah satu manfaat dari hiit cardio adalah membakar lemak. Olahraga hiit cardio terbukti dapat membakar 20-30 persen kalori. Olahraga hiit cardio yang dapat membakar lemak seperti bersepeda, berlari dan angkat beban. 

  • Membentuk Otot

Olahraga hiit cardio terbukti dapat membentuk otot. Salah satu jenis olahraga hiit cardio yang dapat membentuk otot adalah angkat beban.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam penelitian kesehatan menyebutkan jika hiit cardio dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Pelaku olahraga dapat melakukan hiit cardio rutin sebanyak 3 kali hingga 5 kali perminggu. 

Demikian informasi mengenai mengenal hiit cardio. Semoga bermanfaat. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2275 seconds [12]