Tim Nasional | Detail

Mengenal Gol Sepak Pojok Ronny Wabia ke Gawang Korsel (1996)

Tim Litbang
Rabu, 22 Juni 2022, 16:55 WIB
Mengenal Gol Sepak Pojok Ronny Wabia ke Gawang Korsel (1996)
Ronny Wabia bersama Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 (Foto: PSSI)

TOPIK seputar Piala Asia atau AFC (Asian Football Club) 2023 belakangan ramai diperbincangkan. Bagaimana tidak, Timnas Indonesia yang terakhir main di Piala Asia 2007 kini berhasil lolos ke Piala Asia 2023 mendatang. 

Indonesia meraih tiket ke putaran final Piala Asia 2023 bersama 23 peserta lainnya. Keberhasilan ini juga menjadikan Indonesia ikut untuk kali kelima dalam ajang Piala Asia, setelah tahun 1996, 2000, 2004, dan 2007.

Flashback ke tahun 1996, debut Tim Garuda bisa dibilang menjadi momen yang tak terlupakan. Saat itu Indonesia memang belum lolos ke final karena hanya menjadi tim juru kunci grup A yang ditempati Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Korea Selatan.

Lawan yang dihadapi Indonesia cukup berat, sebab Kuwait dan Korea Selatan pernah menjadi juara Piala Asia. Kuwait menjuarai Piala Asia tahun 1980. Sedangkan Korea Selatan saat itu sudah dua kali memboyong trofi Piala Asia yakni di tahun 1956 dan 1960, --yang merupakan penyelenggaraan Piala Asia pertama dan kedua.

Timnas Indonesia di Piala Asia 1996 berada di bawah asuhan pelatih Danurwindo. Sejumlah pemain bertalenta diturunkan, seperti Widodo C. Putro, Bima Sakti, dan Ronny Wabia

Ronny Wabia dan Widodo C. Putro menyumbang gol saat Indonesia menghadapi Kuwait, meskipun hasil akhir imbang 2-2. Ketika melawan Korea Selatan, Indonesia dibungkam 4-2. 

Dua gol yang dilesatkan Timnas Indonesia ke gawang Korea Selatan saat itu lagi-lagi berasal dari Widodo C. Putro dan Ronny Wabia. Khusus untuk Ronny, dia melakukan gol yang membuat takjub para penonton lewat tendangan sepak pojok.

Gol Terbaik Piala Asia dan Gol Spektakuler di Piala Asia 1996

Gol yang dilayangkan Ronny Wabia pada Piala Asia dapat dikatakan menjadi salah satu gol spektakuler di Piala Asia 1996. Di awal pertandingan, Korea Selatan berhasil memimpin dengan gol keempat yang dicetak Ko Jeong-woon. Namun setelahnya, permainan Korsel mengendur.

Skuad Garuda mampu mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-58, Ronny Wabia berhasil membobol gawang lawan lewat tendangan sudut. Gol sepak pojok Ronny Wabia itu pun mengubah skor menjadi 4-1. 

Widodo Cahyono Putro juga menambah koleksi gol Indonesia di menit 65. Meski kedudukan menjadi 4-2, Indonesia harus mengakui kekuatan Korsel.

Namun, banyak pengamat sepak bola yang mengatakan gol salto dari Widodo C. Putro dan gol sepak pojok dari Ronny Wabia merupakan gol-gol spektakuler di Piala Asia 1996.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1380 seconds [13]