logo
Basket | Detail

Mengenal Gelar MVP Pada Pemain NBA, Penghargaan Paling Diimpikan

Okta Novanto
Selasa, 06 September 2022, 17:55 WIB
Mengenal Gelar MVP Pada Pemain NBA, Penghargaan Paling Diimpikan
Stephern Curry jadi MVP di NBA All-Star 2022 (Foto: REUTERS)

JAKARTA - Mengenal gelar MVP pada pemain NBA sebagai penghargaan yang paling didambakan setiap pebasket di dunia. NBA merupakan kompetisi tertinggi di Amerika yang dianggap sebagai ajang paling bergengsi di dunia untuk kelas putra.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut diperkuat dengan kualitas permainan dan pemain dari klub yang tergabung. Bahkan pemain terbaik dunia juga banyak bermain di sana.

Dalam kompetisi NBA terdapat penyematan penghargaan tahunan yang diperuntukkan kepada pemain yang performanya terbaik sepanjang musim reguler. Gelar tersebut bernama National Basketball Association Most Valuable Player (MVP). Penghargaan ini diberikan pertama kali sejak musim 1955-1956.

Penasaran dengan gelar tersebut? Berikut informasi mengenai mengenal gelar MVP pada pemain NBA yang telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Curry MVP Final

Mengenal Gelar MVP Pada Pemain NBA

Gelar MVP NBA atau  National Basketball Association Most Valuable Player Award (MVP) adalah suatu penghargaan NBA tahunan yang diberikan sejak musim 1955-56 bagi pemain dengan performa terbaik sepanjang musim reguler.

Pemenang menerima trofi bernama Maurice podoloff yang merupakan nama dari Komisaris pertama (kemudian Presiden) NBA sebagai penghormatan karena sudah mengayomi NBA sejak 1946 sampai 1963.

Musim 1979-1980, MVP dipilih melalui pemungutan suara dari pemain NBA. Kemudian  musim 1980-1981, penghargaan ini diputuskan oleh sebuah panel penulis olahraga dan penyiar di seluruh Amerika Serikat dan Kanada.

Anggota panel pemungutan suara memberikan suatu pemungutan suara untuk seleksi pertama hingga tempat kelima. Masing-masing tempat pertama pemungutan suara bernilai 10 poin.

Dimulai dari tahun 2010, satu suara dimasukkan oleh fans melalui voting online. pemain dengan total poin tertinggi memenangkan penghargaan. Pada Juni 2017, pemenang penghargaan adalah Russel Westbrook.

Pesepak bola bernama Kareem Abdul-Jabbar memenangkan penghargaan ini 6 kali. Bill Russell dan Michael Jordan memenangkan penghargaan 5 kali. Sementara Wilt Chamberlain dan LeBron James memenangkan penghargaan empat kali. Hanya Russell dan James yang meraih penghargaan 4 kali dalam lima musim.

Berikutnya Moses Malone, Larry Bird, dan Magic Johnson masing-masing memenangkan penghargaan 3 kali. Sementara Bob Pettit, Karl Malone, Tim Duncan, Steve Nash, dan Stephen Curry masing-masing memenangkannya 2 kali.

Dan Masih banyak lagi yang belum disebutkan. Setiap pemain yang memenangkan gelar MVP NBA telah setidaknya bermain dalam NBA Finals, dengan pengecualian dari Steve Nash, dan Derrick Rose. 

Demikian informasi mengenai mengenal gelar MVP pada pemain NBA, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.


 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1662 seconds [13]