logo
Hobi | Detail

Mengenal Bentuk Lapangan Softball Beserta Ukuran Lengkapnya

Tim Sportstars
Kamis, 28 Juli 2022, 23:17 WIB
Mengenal Bentuk Lapangan Softball Beserta Ukuran Lengkapnya
Atlet softball China saat tampil Asian Games 2018 dengan gambar dan ukuran lapangan softball sesuai standar internasional. (Foto: @asiangames2018)

JAKARTA - Mengenal bentuk lapangan softball beserta ukuran lengkapnya akan menjadi informasi penting untuk olahraga yang cukup populer di Indonesia tersebut. Softball tergolong dalam permainan olahraga bola kecil, dimainkan dua regu yang saling berlawanan. 

Di Indonesia sendiri olahraga Softball mirip dengan permainan bola kasti. Softball dimainkan oleh 9 orang pemain dan bermain dalam 7 Inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing 7 kali.

Cara memainkan Softball adalah seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan pitcher (pelempar bola). Bola dipukul dengan menggunakan alat pemukul (bat). Pelempar bola bertugas dari tengah lapangan, dimana anggota regunya bertugas juga di tiga home base, 4 di luar lapangan dan satu di home plate. 

Seorang pemukul, harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang ditujunya, Pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai. Akan tetapi, lemparan yang ketiga harus dipukul.

Bentuk Lapangan Softball

Lapangan Softball berbentuk bujur sangkar. Dibagi menjadi daerah fair (fair territory) dan daerah foul (foul territory). Lebih jauh dalam daerah fair terbagi menjadi dua bagian, Infield, dan outfield. Berikut adalah Gambar Dari Bentuk Lapangan Softball

Di dalam daerah infield terdapat 4 marka yang disebut base. Base diberi nomor berlawanan dengan arah jarum jam, dimulai dari base awal yang disebut home plate, diteruskan dengan base pertama, base kedua dan base ketiga. 

Base berbentuk bujur sangkar dengan sisi 38 cm (15 inci) yang dibuat sedikit lebih tinggi dari permukaan tanah. Sudut dari keempat base membentuk bujur sangkar yang disebut diamond.  Di belakang home plate terdapat batasan yang disebut backstop sejauh 7,62 dan 9,14 meter di belakang home plate.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1657 seconds [12]