logo
Ragam Lainnya | Detail

Mengenal 15 Teknik Kuncian dalam Pencak Silat

Tim Sportstars
Kamis, 03 November 2022, 19:32 WIB
Mengenal 15 Teknik Kuncian dalam Pencak Silat
Atlet pencak silat Indonesia bertanding di SEA Games 2021 (Foto: NOC Indonesia)

JAKARTA – Sebelum melakukan jenis olahraga bela diri ini, harus terlebih dahulu tahu berbagai macam teknik kuncian dalam pencak silat. Pencak silat merupakan cabang olahraga asli Indonesia yang memiliki berbagai bentuk gerakan.

Sementara itu, teknik kuncian dilakukan dengan tujuan untuk menguasai lawan dengan membuatnya tidak berdaya. Teknik ini melibatkan beberapa bagian tubuh, seperti kaki, tangan, ataupun anggota badan lainnya yang diawali dengan teknik tangkapan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini Sportstars.id telah merangkumnya dalam teknik kuncian dalam pencak silat.

Teknik Kuncian dalam Pencak Silat

Beberapa teknik kuncian dalam pencak silat, di antaranya:

  1. Teknik kuncian 1: Sasaran lengan bagian atas
  2. Teknik kuncian 2: Sasaran leher
  3. Teknik kuncian 3: Sasaran pinggang atau punggung. Dilakukan dengan cara menekan lutut dan menarik kaki maupun tangan atau bahu lawan.
  4. Teknik kuncian 4: Sasaran pergelangan kaki lawan
  5. Teknik kuncian 5: Mengunci lawan dengan kaki. Teknik ini bertujuan untuk menggagalkan usaha lawan menangkap kaki, dengan cara menekukkan kaki atau mengunci tangan lawan dan membawa ke bawah atau membanting.
  6. Teknik kuncian 6: Sasaran lengan atas
  7. Teknik kuncian 7: Mengunci kaki lawan dengan menggunakan kaki. Teknik ini bertujuan agar lawan tidak mampu bergerak atau melangkah.
  8. Teknik kuncian 8: Sasaran lengan bawah
  9. Kuncian tangan 9: Sasaran pergelangan tangan
  10. Kuncian tangan 10: Sasaran lengan atas
  11. Kuncian tangan 11: Sasaran pergelangan tangan
  12. Kuncian leher 12: Teknik ini dilakukan dengan cara mengunci atau memutar sendi leher lawan dengan kedua belah tangan.
  13. Kuncian laki 13: Sasaran pangkal paha. Teknik ini bertujuan untuk memusnahkan serangan kaki dengan cara menangkap, mendorong, dan menjatuhkan lawan, yang diakhiri dengan kuncian.
  14. Kuncian kaki 14: Serangan lutut. Teknik ini diawali tangkapan kaki dan dilanjutkan teknik bantingan bahu lalu diakhiri teknik kuncian.
  15. Teknik kuncian 15: Sasaran badan lawan. Teknik ini dilakukan dengan cara menekan dada lawan dengan ibu jari yang dibantu tangan kiri.

Itulah tadi informasi mengenai beberapa teknik kuncian dalam pencak silat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca setia Sportstars.id. (Antika Fahira)

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2010 seconds [12]