Bola Lainnya | Detail

Mengapa Kebanyakan Stadion Sepak Bola di Indonesia Miliki Lintasan Lari?

Rifqi Herjoko
Jum'at, 13 Mei 2022, 18:01 WIB
Mengapa Kebanyakan Stadion Sepak Bola di Indonesia Miliki Lintasan Lari?
Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto: love_GBK)

JAKARTA – Banyak masyarakat bertanya-tanya mengapa kebanyakan stadion sepak bola di Indonesia justru dilengkapi dengan lintasan lari. Padahal, bentuk stadion seperti itu tidak sama dengan kebanyakan stadion Eropa yang biasa terlihat di layar kaca.

Tipe stadion dengan lintasan lari ini memiliki berbagai kekurangan. Misalnya saja, jarak pandang penonton dengan lapangan yang semakin jauh. Hal itu jelas mengurangi kenyamanan penonton yang datang di stadion untuk menikmati pertandingan.

Adapun menonton pertandingan sepak bola di stadion merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Menyaksikan secara langsung klub kebanggaan berlaga menghadirkan pengalaman tersendiri. Meski begitu, pengalaman itu sedikit terganggu akibat stadion yang memiliki lintasan lari.

Kebanyakan stadion di Indonesia justru memiliki trek lari di sekeliling lapangan. Lantas, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut sportstars.id berikan jawabannya.

Usut punya usut, hal itu terjadi karena kebanyakan stadion di Indonesia dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Mereka cenderung memilih stadion dengan tipe olimpik.

Adapun stadion dengan tipe olimpik seperti itu memiliki satu kelebihan utama, yakni dapat digunakan untuk berbagai cabang olahraga. Lintasan lari yang dibangun dapat digunakan untuk atlet dari cabang atletik hingga lompat jauh berlatih.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1328 seconds [13]