Liga Champions | Detail

Mengapa Gol Chelsea Disahkan meski Kena Tangan Rudiger?

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 24 November 2021, 07:00 WIB
Mengapa Gol Chelsea Disahkan meski Kena Tangan Rudiger?
Trevoh Chalobah mensyukuri golnya ke gawang Juventus tak dianulir oleh wasit (FOTO: UEFA).

LONDON – Gol pertama Chelsea yang dicetak Trevoh Chalobah saat hancurkan Juventus sebenarnya sempat terkena tangan Antonio Rudiger, kenapa masih disahkan? Chelsea pada akhirnya menang 4-0 atas Juventus dalam ajang Champions 2021-2022 pada Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. 

Namun proses terciptanya gol yang dicetak Trevoh Chalobah pada babak pertama menuai kontroversi. Gol yang tercipta pada menit 25 itu bermula dari tendangan sudut yang dilepaskan Hakim Ziyech. 

Bola yang dilambungkan terkena sedikit kepala dari Adrien Rabbiot. Namun setelah itu bola mengarah langsung kepada Antonio Rudiger yang juga telah melompat di belakangnya. 

Namun terlihat dalam tayangan ulang, bola mengenai tangan dari bek asal Jerman ini. Setelah itu bola mengarah langsung ke Chalobah yang berdiri bebas dan langsung dilanjutkan dengan tendangan keras. 

Gol ini pun menuai protes para pemain Juventus yang meminta wasit mengecek kembali di tayangan VAR. Namun tak perlu melihat VAR, wasit langsung memituskan itu sebagai gol. 

Ternyata berdasarkan laman Football London, itu semua ada alasan yang telah tertuang dalam aturan IFAB. Musim lalu, peraturan menyatakan bahwa setiap sentuhan lengan dari pemain yang hendak mencetak gol secara otomatis dinyatakan handball baik itu disengaja atau tidak.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1383 seconds [13]