Tim Nasional | Detail

Menengok Kembali Perjalanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Ilham Sigit Pratama
Rabu, 22 Juni 2022, 17:31 WIB
Menengok Kembali Perjalanan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Witan Sulaeman bersama Pratama Arhan usai mencetak gol ke gawang Nepal (Foto: PSSI)

KUWAIT CITY - Keberhasilan Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023 menyisakan sejumlah cerita. Satu yang paling menarik adalah bagaimana Shin Tae-yong membangun mentalitas pemain yang luar biasa.

Timnas Indonesia sejatinya tidak diunggulkan pada Kualifikasi Piala Asia 2023. Wajar saja, Timnas Indonesia berada satu grup dengan tim-tim kuat asal Timur Tengah. Di atas kertas, kualitas Yordania dan Kuwait tentu berada di atas Timnas Indonesia. 

Daftar peringkat FIFA memperjelas fakta bahwa kedua tim tersebut lebih difavoritkan untuk lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Selain itu, Timnas Indonesia memiliki rekor yang tidak mentereng jika menghadapi tim asal Timur Tengah. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: Instagram)
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: Instagram)

Terlebih, Kuwait merupakan tim tuan rumah yang sudah akrab dengan kondisi udara dan cuaca di Stadion Jaber Al-Ahmad, Kuwait City. Namun berkat kejeniusan Shin Tae-yong, moral para pemain langsung terangkat.
 
“Coba kalian pikir, kita sudah jauh-jauh naik pesawat, sudah capek di jalan, masa mau murung terus, memangnya kita tidak boleh berada di peringkat satu di grup? Kita bisa balikkan prediksi, semua datang kesini sama-sama bertanding tiga kali? Apa kita harus gugur?” kata Shin Tae-yong kala itu.

Perkataan Shin Tae-yong ternyata bukan sekadar mimpi di siang bolong. Timnas Indonesia terbukti mampu mengalahkan Kuwait dengan skor 2-1 pada laga perdana. Hasil tersebut pun mengubah peta persaingan di Grup A.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1428 seconds [13]